memberikan informasi seputar komputer dan jaringan

Pengertian Dan Pemeliharaan Perangkat Lunak

Pengertian Dan Pemeliharaan Perangkat Lunak - Perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer

Sedangkan, Pemeliharaan Perangkat Lunak adalah proses umum pengubahan/pengembangan perangkat lunak setelah diserahkan ke konsumen. Perubahan mungkin berupa perubahan sederhana untuk membetulkan error koding atau perubahan yang lebih ekstensif untuk membetulkan error perancangan/perbaikan signifikan untuk membetulkan error spesifikasi/akomodasi persyaratan baru.


Ada 4 katagotri pemeliharaan software yaitu :
Corrective Maintenance, perubahan yang dilakukan guna memperbaiki kesalahan.
Adaptive Maintenance, perawatan berdasarkan perubahan lingkungan.
Perfective Maintenance, perubahan untuk meningkatkan kualitas sistem tanpa merubah fungsinya.
Preventive Maintenance, Meningkatkan reliability, future maintainability, future enhancement  (reverse engineering dan re-engineering)
Kenapa biaya pemeliharaan lebih tinggi dari pada biaya pengembangan, berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkannya :
  1. Biasanya tim pengembang dan tim pemelihara adalah orang yang berbeda karena tim pengembang biasanya sudah lari ke proyek baru sehingga tim pemeliharanya tidak begitu paham atas sistem yang dikembangkan.
  2. Tanggung Jawab Kontrak, kontrak bagi pengembang dan pemeliharan kebanyakan terpisah atau diberikan kepada perusahaan yang berbeda dan bahkan bukan pengembang sistem aslinya, akibatnya tidak ada insentif bagi pengembang untuk membuat sistem yang mudah untuk diubah.
  3. Keahlian Staff, staff pemelihara kebanyakan tidak berpengalaman dalam hal pemeliharaan software dan staff pemelihara sering diaangap tidak memerlukan keahlian yang mendalam di bidang software.
  4. Umur dan Struktur Program, program yang sudah tua biasanya strukturnya sudah terdegradasi oleh perkembangan jaman sehingga sangat sulih dipahami oleh pemelihara.
  5. Beberapa permasalahan yang sering muncul dalam pemeliharaan software
  6. Kesulitan melakukan pelacakan evolusi software pd versi sebelumnya,
  7. Kesulitan pelacakan pada proses pengembangan software,
  8. Sulit untuk mengerti program orang lain,
  9. Tidak adanya dokumentasi yang baik,
  10. Tidak adanya nara sumber,
  11. Kebanyakan software dirancang tanpa adanya pemikiran untuk diubah.

Sekian pembahasan kita mengenai Pengertian Dan Pemeliharaan Perangkat Lunak

DISTRIBUTOR GROSIR MAINAN ANAK MURAH
Pengertian Dan Pemeliharaan Perangkat Lunak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Almarogi

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.