memberikan informasi seputar komputer dan jaringan

Tips Mendinginkan Processor Komputer Yang Panas

TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN - Apa kabar sobat TKJ, Lama juga nih gak pernah Share Tips Trik Komputer, Tapi  sobat tenang aja kali ini saya akan share lagi nih mengenai Tips Trik Komputer.

Processor atau Otak komputer, yah pasti sobat pernah mendengarnya. Processor merupakan suatu komputer dalam bentuk IC (Integrated Circuit), yaitu suatu komponen elektronika dasar yang terdiri  dari resistor, transistor dan sebagainya. Dimana Berfungsi sebagai Otak komputer untuk memproses dan mengontrol seluruh kegiatan komputer yang sedang bekerja.

Bagaimana, sobat udah tahukan processor itu apa. Jadi apabila processor tidak dijaga dari panas berlebihan sangat membahayakan karena dapat merusak perangkat processor itu sendiri sehingga pekerjaan kita terhambat di karenakan komputer dapat secara tiba-tiba hang dan bahkan bisa restart sendiri.

Jadi untuk mengatasi hal semacam ini saya akan share sedikit Tips untuk sobat, Berikut Tips Mendinginkan Processor Komputer yang Panas :

1. Gunakan Thermal Paste yang Berkualitas

    Thermal paste adalah media penyalur kelebihan panas dari badan prosesor ke badan heatsink pendingin prosesor sehingga dapat meningkatkan efektifitas penurunan suhu prosesor dan berfungsi juga untuk mencegah terjadinya percikan api dan panas yang overload sebagai efek dari gesekan badan prosesor dan heatsink secara langsung. Thermal paste yang kurang berkualitas tidak akan memiliki fungsi maksimal.

2. Posisi Casing Ditempat yang Pas

    Tempat posisi casing di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik, jangan menempatkan casing di tempat yang tertutup karena tidak dapat membuang panas dari dalam casing sehingga panas menumpuk salah satunya di badan prosesor.

3. Tata Kerapian Kabel Dalam Casing

    Tatalah kerapian kabel dalam casing komputer jangan sampai kabel-kabel tersebut semrawut atau bahkan mengenai baling-baling fan prosesor. Cek dan periksalah dengan baik. Tempatkan kabel-kabel serapi mungkin.

4. Lepas Casing

     Lepas penutup casing komputer Anda. Dengan begitu panas akan mudah dibuang dari dalam casing.

5. Memberi Tambahan Fan Pembuang Udara

    Beli tambahan fan yang menyedot udara panas dari dalam casing untuk keluar. Fan ini murah, di beberapa toko dijual antara 10-20 ribu. Letakkan posisi fan secara terbalik, atau menyedot udara keluar.

Sekian Tips Cara Mendinginkan Processor Komputer yang Panas. Semoga Artikel ini dapat bermanfaat untuk sobat semua.

DISTRIBUTOR GROSIR MAINAN ANAK MURAH
Tips Mendinginkan Processor Komputer Yang Panas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dunia Bebas

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.