memberikan informasi seputar komputer dan jaringan

Perangkat Keras Jaringan

Network Interface Cards (NIC) atau Kartu Jaringan. Kartu Jaringan (NIC) merupakan perangkat yang menyediakan media untuk menghubungkan antara komputer, kebanyakan kartu jaringan adalah kartu internal, yaitu kartu jaringan yang di pasang pada slot ekspansi di dalam komputer. Beberapa komputer seperti komputer MAC, menggunakan sebuah kotak khusus yang ditancapkan ke port serial atau SCSI port komputernya. Pada computer notebook ada slot untuk kartu jaringan yang biasa disebut PCMCIA slot. Kartu jaringan yang banyak terpakai saat ini adalah : kartu jaringan Ethernet, LocalTalk konektor, dan kartu jaringan Token Ring. Yang saat ini populer digunakan adalah Ethernet, lalu diikuti oleh Token Ring, dan LocalTalk..5.1.1 Ethernet Card / Kartu Jaringan Ethernet Kartu jaringan Ethernet biasanya dibeli terpisah dengan komputer, kecuali seperti komputer Macintosh yang sudah mengikutkan kartu jaringan Ethernet didalamnya. kartu Jaringan ethernet umumnya telah menyediakan port koneksi untuk kabel Koaksial ataupun

kabel twisted pair, jika didesain untuk kabel koaksial konenektorya adalah BNC, dan apabila didesain untuk kabel twisted pair maka akan punya konektor RJ-45. Beberapa kartu jaringan ethernet kadang juga punya konektor AUI. Semua itu di koneksikan dengan koaksial, twisted pair,ataupun dengan kabel fiber optik.

LocalTalk adalah peralatan jaringan untuk komputer macintosh, ini menggunakan sebuah kotak adapter khusus dan kabel yang terpasang ke Port untuk printer. Kekurangan dari LocalTalk dibandingkan Ethernet adalah kecepatan laju transfer datanya, Ethernet di Jaringan komputer bukanlah sesuatu yang baru saat ini, hampir di setiap perusahaan terdapat jaringan komputer untuk memperlancar arus informasi di dalam perudahaan tersebut. 

Internet yang mulai populer saat ini adalah suatu jaringan komputer raksasa yang merupakan jaringan jaringan komputer yang terhubungan dan dapat saling berinteraksi. Hal ini dapat terjadi karena adanya perkembangan teknologi jaringan yang sangat pesat, sehingga dalam beberapa tahun saja jumlah pengguna jaringan komputer yang tergabung dalam Internet berlipat ganda.asanya dapat sampai 10 Mbps, sedangkan LocalTalk hanya dapat beroperasi pada kecepatan 230 Kbps atau setara dengan 0.23 Mbps.

Kartu jaringan Token Ring terlihat hampir sama dengan Kartu jaringan Ethernet. Satu perbedaannya adalah tipe konektor di belakang Kartu jaringannya, Token Ring umumnya mempunyai tipe konektor 9 Pin DIN yang menyambung Kartu jaringan ke Kabel Network.5.1.2 Media (kabel, Gelombang Radio) Empat jenis kabel jaringan yang umum digunakan saat ini yaitu :

1. Kabel Coaxial
Terdiri atas dua kabel yang diselubungi oleh dua tingkat isolasi. Tingkat isolasi pertama adalah yang paling dekat dengan kawat konduktor tembaga. Tingkat pertama ini dilindungi oleh serabut konduktor yang menutup bagian atasnya yang melindungi dari pengaruh elektromagnetik. Sedangkan bagian inti yang digunakan untuk transfer data adalah bagian tengahnya yang selanjutnya ditutup atau dilindungi dengan plastik
sebagai pelindung akhir untuk menghindari dari goresan kabel. Beberapa jenis kabel coaxial lebih besar dari pada yang lain. Makin besar kabel, makin besar kapasitas datanya, lebih jauh jarak jangkauannya dan tidak begitu sensitif terhadap interferensi listrik.

2. Kabel Unshielded Twisted Pair (UTP)
Kabel twisted pair terjadi dari dua kabel yang diputar enam kali per-inchi untuk memberikan perlindungan terhadap interferensi listrik ditambah dengan impedensi, atau tahanan listrik yang konsisten. Nama yang umum digunakan untuk kawat ini Laboratorium Sistem Komputer LanjutUniversitas Gunadarma adalah IBM jenis/kategori 

3. Secara singkat kabel UTP adalah murah dan mudah dipasang, dan bisa bekerja untuk jaringan skala kecil.


3. Kabel Shielded Twisted Pair (STP)
Kabel STP sama dengan kabel UTP, tetapi kawatnya lebih besar dan diselubungi dengan lapisan pelindung isolasi untuk mencegah gangguan interferensi. Jenis kabel STP yang paling umum digunakan pada LAN ialah IBM jenis/kategori 1.

4. Kabel Serat Optik (Fiber Optik)
Kabel serat optik mengirim data sebagai pulsa cahaya melalui kabel serat optik. Kabel serat optik mempunyai keuntungan yang menonjol dibandingkan dengan semua pilihan kabel tembaga. Kabel serat optik memberikan kecepatan transmisi data tercepat dan lebih reliable, karena jarang terjadi kehilangan data yang disebabkan oleh interferensi listrik. Kabel serat optik juga sangat tipis dan fleksibel sehingga lebih mudah dipindahkan dari pada kabel tembaga yang berat. 

Sebuah Konsentrator/Hub adalah sebuah perangkat yang menyatukan kabel-kabel network dari tiap-tiap workstation, server atau perangkat lain. Dalam topologi Bintang, kabel twisted pair datang dari sebuah workstation masuk kedalam hub. Hub mempunyai banyak slot concentrator yang mana dapat dipasang menurut nomor port dari card yang dituju. Ciri-ciri yang dimiliki Konsentrator adalah :

1. Biasanya terdiri dari 8, 12, atau 24 port RJ-45
2. Digunakan pada topologi Bintang/Star
3. Biasanya di jual dengan aplikasi khusus yaitu aplikasi yang mengatur manajemen port tersebut.
4. Biasanya disebut hub Biasanya di pasang pada rak khusus, yang didalamnya ada Bridges, router .5.3. Swicth/Hub

Switch jaringan (atau switch untuk singkatnya) adalah sebuah alat jaringan yang melakukan bridging transparan (penghubung segementasi banyak jaringan dengan forwarding berdasarkan alamat MAC). Switch dapat dikatakan sebagai multi-port bridge karena mempunyai collision domain dan broadcast domain tersendiri, dapat mengatur lalu lintas paket yang melalui switch jaringan. Cara menghubungkan komputer ke switch sangat mirip dengan cara menghubungkan komputer atau router ke hub. Switch dapat digunakan langsung untuk menggantikan hub yang sudah terpasang pada jaringan. Switch jaringan dapat digunakan sebagai penghubung komputer atau router pada satu area yang terbatas, switch juga bekerja pada lapisan data link, cara kerja switch hampir sama seperti bridge, tetapi switch memiliki sejumlah port sehingga sering dinamakan multi-port bridge. 

Contoh yang paling mudah adalah pada sebuah LAN menggunakan topologi Bintang dengan menggunakan kabel unshielded twisted pair. Dimana diketahui panjang maksimal untuk sebuah kabel unshielded twisted pair adalah 100 meter, maka untuk menguatkan sinyal dari kabel tersebut dipasanglah sebuah repeater pada jaringan tersebut.

Adalah sebuah perangkat yang membagi satu buah jaringan kedalam dua buah jaringan, ini digunakan untuk mendapatkan jaringan yang efisien, dimana kadang pertumbuhan network sangat cepat makanya di perlukan jembatan untuk itu. Kebanyakan Bridges dapat mengetahui masing-masing alamat dari tiap-tiap segmen komputer pada jaringan sebelahnya dan juga pada jaringan yang lain di sebelahnya pula. Diibaratkan bahwa
Bridges ini seperti polisi lalu lintas yang mengatur di persimpangan jalan pada saat jam-jam sibuk. Dia mengatur agar informasi di antara kedua sisi network tetap jalan dengan baik dan teratur. Bridges jjuga dapat di gunakan untuk mengkoneksi diantara network yang menggunakan tipe kabel yang berbeda ataupun topologi yang berbeda pula. 

Sebuah Router mengartikan informasi dari satu jaringan ke jaringan yang lain, dia hampir sama dengan Bridge namun lebih pintar, router akan mencari jalur yang terbaik untuk mengirimkan sebuah pesan yang berdasakan atas alamat tujuan dan alamat asal.Sementara Bridges dapat mengetahui alamat masing-masing komputer dimasing- masing sisi jaringan, router mengetahui alamat komputerr, bridges danrouter lainnya. router dapat mengetahui keseluruhan jaringan melihat sisi manayang paling sibuk dan dia bisa menarik data dari sisi yang sibuk tersebut sampaisisi tersebut bersih. Jika sebuah perusahaan mempunyai LAN dan menginginkan terkoneksi keInternet, mereka harus membeli router. Ini berarti sebuah router dapatmenterjemahkan informasi diantara LAN anda dan Internet. ini juga berartimencarikan alternatif jalur yang terbaik untuk mengirimkan data melewatiinternet.Ini berarti Router itu :

1. Mengatur jalur sinyal secara effisien
2. Mengatur Pesan diantara dua buah protocol
3. Mengatur Pesan diantara topologi jaringan linear Bus dan Bintang(star) 
4. Mengatur Pesan diantara melewati Kabel Fiber optic, kabel koaaksial atau kabel twistedpair 

Printer adalah salah satu alasan utama kenapa ada network. Karena printer tidak selalu digunakan oleh setiap pemakai, akan lebih ekonomis jika memakai satu printer bersama-sama. Printer bisa dihubungkan langsung pada workstation atau ke server. kalian juga bisa memasang scanner, CD-ROM eksternal dan peralatan lain yang berguna dan dapat digunakan secara bersama-sama pada network. Sama seperti yang lainnya, hal ini membutuhkan perangkat lunak dan perangkat keras yang tepat.
DISTRIBUTOR GROSIR MAINAN ANAK MURAH

Kriteria Jaringan Komputer

Berdasarkan kriterianya, jaringan komputer dibedakan menjadi 4 yaitu:.4.1 Berdasarkan Distribusi Sumber Informasi/Data
1. Jaringan terpusat
Jaringan ini terdiri dari komputer client dan server yang mana komputer klien
yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data
yang berasal dari satu komputer server.
12
Laboratorium Sistem Komputer LanjutUniversitas Gunadarma
2. Jaringan terdistribusi
Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat
beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan klien
membentuk sistem jaringan tertentu.4.2 Berdasarkan Jangkauan Geografis Dibedakan Menjadi
3. Jaringan LAN
Merupakan jaringan yang menghubungkan 2 komputer atau lebih dalam
cakupan seperti laboratorium, kantor, serta dalam 1 warnet.
4. Jaringan MAN
Merupakan jaringan yang mencakup satu kota besar beserta daerah
setempat. Contohnya jaringan telepon lokal, sistem telepon seluler, serta
jaringan relay beberapa ISP internet.
5. Jaringan WAN
Merupakan jaringan dengan cakupan seluruh dunia. Contohnya jaringan PT.
Telkom, PT. Indosat, serta jaringan GSM Seluler seperti Satelindo, Telkomsel,
dan masih banyak lagi.
.4.3 Berdasarkan Peranan Dan Hubungan Tiap Komputer Dalam Memproses
Data
6. Jaringan Client-Server
Pada jaringan ini terdapat 1 atau beberapa komputer server dan komputer
client. Komputer yang akan menjadi komputer server maupun menjadi
komputer client dan diubah-ubah melalui software jaringan pada
protokolnya. Komputer client sebagai perantara untuk dapat mengakses data
pada komputer server sedangkan komputer server menyediakan informasi
yang diperlukan oleh komputer client.
7. Jaringan Peer-to-peer
Pada jaringan ini tidak ada komputer client maupun komputer server karena
semua komputer dapat melakukan pengiriman maupun penerimaan
13
Laboratorium Sistem Komputer LanjutUniversitas Gunadarma
informasi sehingga semua komputer berfungsi sebagai client sekaligus
sebagai server..4 Berdasarkan Media Transmisi Data
8. Jaringan Berkabel (Wired Network)
Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer
lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi
dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer
jaringan.
9. Jaringan Nirkabel (Wireless Network)
Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik.
Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar
komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan
mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan
DISTRIBUTOR GROSIR MAINAN ANAK MURAH

Tujuan Jaringan Komputer

Dibandingkan dengan komputer yang berdiri sendiri (stand-alone), jaringan komputer memiliki beberapa keunggulan antara lain:
Laboratorium Sistem Komputer LanjutUniversitas Gunadarma Beberapa komputer dimungkinkan untuk saling memanfaatkan sumber daya yang ada, seperti printer, harddisk, serta perangkat lunak bersama, seperti aplikasi perkantoran, basis data (database), dan sistem informasi. Penggunaan perangkat secara bersama ini akan menghemat biaya dan meningkatkan efektivitas peralatan tersebut.

Jaringan komputer memungkinkan pengintegrasian data dari atau ke semua komputer yang terhubung dalam jaringan tersebut.

Jaringan komputer memungkinkan komunikasi antar pemakai komputer, baik melalui e-mail, teleconference dsb.

Jaringan komputer mempermudah dalam pemberian perlindungan terhadap data. Meskipun data pada sebuah komputer dapat diakses oleh komputer lain, tetapi kita dapat membatasi akses orang lain terhadap data tersebut. Selain itu kita juga bisa melakukan pengamanan terpusat atas seluruh komputer yang terhubung ke jaringan.
DISTRIBUTOR GROSIR MAINAN ANAK MURAH

Konsep Jaringan Komputer

Konsep Jaringan Komputer
Dalam ilmu komputer dan teknologi informasi, dikenal istilah jaringan komputer.
Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer yang dapat saling berhubungan antara
satu dengan lainnya dengan menggunakan media komunikasi, sehingga dapat saling berbagi
data, informasi, program, dan perangkat keras (printer, harddisk, webcam, dsb).
Berbeda dengan konsep jaringan dalam ilmu biologi –yaitu kumpulan sel yang
fungsinya sejenis komputer-komputer yang terhubung dalam jaringan komputer tidak harus
sejenis. Komputer-komputer tersebut bisa saja memiliki tipe yang berbeda-beda,
menggunakan sistem operasi yang berbeda, dan menggunakan program/aplikasi yang
berbeda pula. Tetapi komputer-komputer yang terhubung dalam jaringan komputer harus
memakai aturan komunikasi (protokol) yang sama. Hal ini dimaksudkan agar masing-masing
komputer dapat berkomunikasi yang baik dengan komputer lainnya. Protokol yang menjadi
Standar Internasional adalah TCP/IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol).
DISTRIBUTOR GROSIR MAINAN ANAK MURAH

Dampak Jejaring Sosial

 Dunia telah berubah dan akan terus berubah, jarak antar daerah bahkan antar Negara telah semakin dekat. Beberapa puluh tahun lalu kita sempat takjub dengan televisi yang bisa membagi informasi gambar bergerak ke seluruh pelosok negeri. Kini zaman telah berubah setiap orang bisa berbagi gambar bergerak kepada yang lainya, setiap orang bisa berbicara dan saling melihat lawan bicaranya secara langsung dimanapun ia berada.

Teknologi informasi yang berbasis internet telah berkembang pesat di indnesia, produk berbasis internet yang paling di gemari saat ini adalah situs jejaring social berupa facebook dan twitter. Dengan layanan situs jejaring sosial ini kita dapat berkomunikasi dengan teman-teman baru maupun lama dari belahan dunia manapun.

Arus perkembangan teknologi ini bagaimana pun tak akan bisa kita bendung, sebagian besar anak dan remaja saat ini telah familiar dengan berbagai situs jejaring sosial tersebut, tidak saja anak dan remaja kota, bahkan anak-anak di pedesaan pun kini telah berangsur-angsur mulai menggunakan jejaring sosial tersebut.

Berkembang pesatnya situs jejaring sosial tersebut tentu saja punya dampak positif dan juga negatif, oleh karena itu pentig untuk di buat suatu sistem pengawasan dan bimbingan bagi mereka agar dampak negatif nya dapat di hindari dan dampak positif nya semakin di rasakan.

Tugas mengawasi dan membimbing itu tentu saja bukan tugas guru di sekolah semata, orang tualah yang seharusnya berperan dalam pengawasan dan bimbingan bagi anak-anaknya. Untuk pedoman pengawasan tersebut tentu saja para orang tua dan para anak dan remaja itu sendiri mengetahui apa saja dampak positif dan negatif situs jejaring sosial tersebut. Untuk itu di bawah ini akan saya sebutkan beberapa dampak negatif dan positif pemanfaatan situs jejaring social tersebut.

A .Dampak positif jejaring soial
1.       Anak dan remaja dapat belajar mengembangkan keterampilan teknis dan social yang sangat di butuhkan di zaman digital seperti sekarang ini. Mereka akan belajar bagaimana cara beradaptasi,bersosialisai dengan public dan mengelola jaringan pertemanan.
2.       Memperluas jaringan pertemanan, anak dan remaja akan menjadi lebih mudah berteman dengan orang lain di seluruh dunia, meski sebagian besar diantaranya belum pernah mereka temui secara langsung.
3.       Anak dan remaja akan termotivasi untuk belajar mengembangkan diri melalui teman-teman yang mereka jumpai secara online, karena di sini mereka berinteraksi dan menerima umpan balik satu sama lain.
4.       Situs jejaring social membuat anak dan remaja menjadi lebih bersahabat, perhatian, dan empati, misalnya memberi perhatian saat ada teman mereka yang ulang tahun, mengomentari foto, video dan status teman mereka, menjaga hubungan persahabatan meski tidak dapat bertemu secara fisik.
5.       Internet sebagai media komunikasi : merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
6.       Media pertukaran data : dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web : jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
7.       Media untuk mencari informasi atau data : perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
8.       Kemudahan memperoleh informasi : kemudahan untuk memperoleh informasi yang ada di internet banyak membantu manusia sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi. Selain itu internet juga bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain.
9.       Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan : Dengan kemudahan ini, membuat kita tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan karena dapat di lakukan lewat internet.


B. Dampak Negatif jejaring sosial
1.       Anak dan remaja menjadi malas belajar berkomunikasi di dunia nyata. Tingkat pemahaman bahasa pun menjadi terganggu. Jika anak terlalu banyak berkomunikasi di dunia maya, maka pengetahuan tentang seluk beluk berkomunikasi di kehidupan nyata, seperti bahas tubuh dan nada suara, menjadi berkurang.
2.       Situs jejaring social akan membuat anak dan remaja lebih mementingkan diri sendiri. Mereka menjadi tidak sadar akan lingkungan sekitar mereka, karena kebanyakan menghabiskan waktu di internet. Hal ini dapat mengakibatkan anak menjadi kurang berempati di dunia nyata.
3.       Bagi anak dan remaja, tidak ada aturan ejaan dan tata bahasa di jejaring social. Hal ini akan membuat mereka semakin sulit membedakan anatara berkomunikasi di situs jejaring social dan dunia nyata. Hal ini tentunya akan mempengaruhi keterampilan menulis mereka di sekolah dalam hal ejaan dan tata bahasa.
4.       Situs jejaring social adalah lahan subur bagi predator untuk melakukan kejahatan. Kita tidak akan pernah tahu apakah seseorang yang baru di kenal anak kita di internet, menggunakan jati diri yang sesungguhnya.
5.       Pornografi : Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela. Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen browser melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home page yang dapat di akses. Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.
6.       Penipuan : Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
7.       Carding : Karena sifatnya yang real time (langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah cara yang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.
8.       Perjudian : Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.

Secara garis besar dampak negatif internet adalah :
Ø  Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung (face to face).
Ø  Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.
Ø  Kejahatan seperti menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet (kejahatan juga ikut berkembang).
Ø Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama yang menyangkut pornografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut
DISTRIBUTOR GROSIR MAINAN ANAK MURAH

Bahasa Program Komputer Yang Berbasis Web

Bahasa Pemograman berbasis Web memang sangat familiar dan menjadi suatu trend di kalangan pemula seperti saya ini.Banyak software yang berbasis pembuatan Web seperti frontpage , Dreamweaver, dan Joomla yang databasenya menggunakan PHP dan MySql.Ada beberapa struktur pemahaman tentang bahasa pemograman yang berbasis Web yang digunakan dalam pembuatan suatu website maupun Blog yang harus dipahami dasar-dasarnya.Berikut merupakan bahasa pemrograman yang berbasis Web.

1. Bahasa Pemrograman HTML
HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet.HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C).HTML berupa kode-kode tag yang menginstruksikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan.Sebuah file yang merupakan file HTML dapat dibuka dengan menggunakan browser web seperti Mozilla Firefox atau Microsoft Internet Explorer.

2. Bahasa Pemrograman PHP
PHP adalah bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini.
PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama FI (Form Interpreted), yang wujudnya berupa sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data form dari web.PHP banyak dipakai untuk membuat situs web yang dinamis, walaupun tidak tertutup kemungkinan digunakan untuk pemakaian lain.PHP biasanya berjalan pada sistem operasi linux (PHP juga bisa dijalankan dengan hosting windows).

3. Bahasa Pemrograman Javascript
Javascript adalah bahasa scripting yang handal yang berjalan pada sisi client.JavaScript merupakan sebuah bahasa scripting yang dikembangkan oleh Netscape.Untuk menjalankan script yang ditulis dengan JavaScript kita membutuhkan JavaScript-enabled browser yaitu browser yang mampu menjalankan JavaScript.

4. Bahasa Pemrograman CSS
Cascading Style Sheets (CSS) adalah suatu bahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu dokumen yang ditulis dalam bahasa markup.Penggunaan yang paling umum dari CSS adalah untuk memformat halaman web yang ditulis dengan HTML dan XHTML.Walaupun demikian, bahasanya sendiri dapat dipergunakan untuk semua jenis dokumen XML termasuk SVG dan XUL.Spesifikasi CSS diatur oleh World Wide Web Consortium (W3C).

5. Bahasa Pemrograman ASP
ASP adalah singkatan dari Active Server Pages yang merupakan salah satu bahasa pemograman web untuk menciptakan halaman web yang dinamis.ASP merupakan salah satu produk teknologi yang disediakan oleh Microsoft.ASP bekerja pada web server dan merupakan server side scripting.

6. Bahasa Pemrograman XML
Extensible Markup Language (XML) adalah bahasa markup serbaguna yang direkomendasikan W3C untuk mendeskripsikan berbagai macam data.XML menggunakan markup tags seperti halnya HTML namun penggunaannya tidak terbatas pada tampilan halaman web saja.XML merupakan suatu metode dalam membuat penanda/markup pada sebuah dokumen.

7. Bahasa Pemrograman WML
WML adalah kepanjangan dari Wireless Markup Language, yaitu bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi berbasis XML (eXtensible Markup Langauge).WML ini adalah bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi wireless.WML merupakan analogi dari HTML yang berjalan pada protocol nirkabel.

8. Bahasa Pemrograman PERL
Perl adalah bahasa pemrograman untuk mesin dengan sistem operasi Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX), juga tersedia untuk sistem operasi seperti DOS, Windows, PowerPC, BeOS, VMS, EBCDIC, dan PocketPC.PERL merupakan bahasa pemograman yang mirip bahasa pemograman C.

9. Bahasa Pemrograman CFM
Cfm dibuat menggunakan tag ColdFusion dengan software Adobe ColdFusion / BlueDragon / Coldfusion Studio.Syntax coldfusion berbasis html.


10. Pemrograman HTML
Bahasa Pemograman berbasis Web memang sangat familiar dan menjadi suatu trend di kalangan pemula seperti saya ini.Banyak software yang berbasis pembuatan Web seperti frontpage , Dreamweaver, dan Joomla yang databasenya menggunakan PHP dan MySql.Ada beberapa struktur pemahaman tentang bahasa pemograman yang berbasis Web yang digunakan dalam pembuatan suatu website maupun Blog yang harus dipahami dasar-dasarnya.Berikut merupakan bahasa pemrograman yang berbasis Web.
DISTRIBUTOR GROSIR MAINAN ANAK MURAH

Penemu Komputer Pertama

 Penemu Komputer Pertama [Charles Babbage] Charles Babbage yang lahir 26 Desember 1792 adalah seorang matematikawan dari Inggris yang pertama kali mengemukakan gagasan tentang komputer yang dapat diprogram. Sebagian dari mesin yang dikembangkannya kini dapat dilihat di Musium Sains London. Tahun 1991, dengan menggunakan rencana asli dari Babbage, sebuah mesin diferensial dikembangkan dan mesin ini dapat berfungsi secara sempurna, yang membuktikan bahwa gagasan Babbage tentang mesin ini memang dapat diimplementasikan.


Charles Babbage meninggal 18 Oktober 1871 pada umur 79 tahun, meninggalkan anak ; Benjamin Herschel Babbage (1815), Charles Whitmore Babbage (1817), Georgiana Whitmore Babbage (1818), Edward Stewart Babbage (1819), Francis Moore Babbage (1821), Dugald Bromheald Babbage (1823), Henry Prevost Babbage (1824), Alexander Forbes Babbage (1827), Timothy grant Babbage (1829) Pada masa itu, perhitungan dengan menggunakan tabel matematika sering mengalami kesalahan.

Babbage ingin mengembangkan cara melakukan perhitungan secara mekanik, sehingga dapat mengurangi kesalahan perhitungan yang sering dilakukan oleh manusia. Saat itu, Babbage mendapat inspirasi dari perkembangan mesin hitung yang dikerjakan oleh Wilhelm Schickard, Blaise Pascal, dan Gottfried Leibniz. Gagasan awal tentang mesin Babbage ditulis dalam bentuk surat yang ditulisnya kepada Masyarakat Astronomi Kerajaan berjudul "Note on the application of machinery to the computation of astronomical and mathematical tables" ("catatan mengenai penerapan mesin bagi penghitungan tabel astronomis dan matematis") tertanggal 14 Juni 1822.

Sejarah Komputer diawali ketika Penemu Inggris Charles Babbage menyelesaikan prinsip-prinsip pemakaian umum komputer digital seabad penuh sebelum perkembangan besar-besaran mesin hitung elektronik terjadi. Mesin yang dirancangnya, yang diberinya nama "mesin analitis" pada pokoknya mampu melaksanakan apa saja yang bisa dilakukan kalkulator modern (meski tidak sama cepatnya, karena "mesin analis" bukanlah dirancang untuk bertenaga listrik). Sayangnya, berhubung teknologi abad ke-19 belumlah cukup maju, Babbage tidak sanggup merampungkan konstruksi "mesin analis" itu, selain memang tidak bisa tidak memerlukan waktu dan biaya besar.

Sesudah matinya, gagasannya yang begitu cemerlang nyaris dilupakan orang. [Komputer Pertama] Tahun 1937, tulisan Babbage menjadi perhatian Howard H. Aiken, sarjana tamatan Harvard. Aiken yang juga sedang mencoba menyelesaikan rancangan mesin komputer, tergerak oleh gagasan Babbage. Bekerjasama dengan IBM, Aiken sanggup membuat Mark I, komputer pertama untuk segala keperluan. Dua tahun sesudah Mark I dioperasikan (1946), kelompok insinyur dan penemu lain menyelesaikan ENIAC, mesin hitung elektronik pertama. Sejak itu, kemajuan teknologi komputer berkembang pesat. Mesin hitung punya pengaruh begitu besar di dunia, malahan akan menjadi lebih penting lagi di masa depan, sumbangan pikiran Babbage terhadap perkembangan komputer tidaklah lebih besar ketimbang Aiken atau ketimbang John Mauchly dan J.O. Eckert (tokoh utama dalam perancangan ENIAC).

Atas dasar itu paling sedikit ada tiga pendahulu Babbage (Blaise Pascal, Gottfried Leibniz dan Joseph Marie Jacquard) sudah membuat sumbangan setara dengan Babbage. Pascal , seorang matematikus, filosof dan ilmuwan Perancis menemukan mesin penjumlahan mekanis tahun 1642. Di tahun 1671 Gottfired Wilhelm Von Leibniz, seorang filosof dan matematikus merancang mesin yang dapat menjumlah, mengurangi, mengalikan dan membagi. Leibniz juga orang pertama yang menunjukkan arti penting "sistem binary," yaitu sistem penjumlahan dengan dua "digit" yang dalam jaman modern ini secara luas digunakan dalam mesin komputer. Dan orang Perancis lainnya, Jacquard, yang di awal abad ke-19 sudah menggunakan sistem pengisian komputer untuk mengawasi alat tenun. Alat tenun Jacquard yang laku deras secara komersial, punya pengaruh besar terhadap pemikiran Babbage. Boleh jadi mempengaruhi juga Herman Hollerith, seorang Amerika yang di penghujung abad 19 menggunakan sistem pengisian komputer untuk membuat kolom data di Biro Sensus. Kata Mutiara : Kesalahan menggunakan data yang tidak memadai jauh lebih kecil dari mereka yang menggunakan tidak ada data sama sekali
DISTRIBUTOR GROSIR MAINAN ANAK MURAH

Cara Install Ulang Windows XP


Untuk sebagian orang cara install ulang windows xp di komputer pc atau laptop kita barangkali
merupakan suatu perihal yang
gampang, tetapi untuk yang lain
yang baru mencoba atau lupa cara
install ulang windows xp ini cukup
menyusahkan, buat saya sendiri juga terkadang kelupaan lantaran
rutinitas saya telah menggunakan
windows 7 yang langkah instal lagi
nya sederhana. Cara install ulang windows xp
memang tidak semudah cara install ulang windows 7, namun bisa saja jadi mudah yang penting kita teliti
dalam menjalani tahapan demi
tahapannya. Berikut selengkapnya :

1. Sebelumnya jangan lupa
Masukkan terlebih dahulu CD
Windows Xp yang kita gunakan,
pastikan CD tersebut tidaklah rusak,
Sekarang Restart Komputermu di
awal Menyala Tekan Tombol F2 untuk melakukan Setup di menu
Bios, atau terkadang harus menekan Tombol Del, dengan tulisan "Del To Setup". 2

. Jika Sudah masuk ke menu Bios akan ada tampilan seperti di bawah
ini mungkin akan berbeda di setiap
komputer, tapi tinggal sesuaikan saja

3. Di menu Boot, pilih Boot Device Priority, pada Menu First Boot pastikan terpilih dengan memakai CDROOM. tekan Tombol F10 untuk menyimpan dan exit, maka
komputermu akan Merestart.

4. Setelah Restart akan muncul Tulis
Pres any key to boot from CD,
silahkan kamu tekan tombol
sembarang.

5. Setelah pada tampilan berikut
tekan Enter untuk lanjut pada proses instal atau R untuk melakukan reparasi Windows di Recovery Consule atau F3 untuk mengakhiri proses instal.

6. Pada menu Lisencing Agreement tekan F8 untuk lanjut dan ESC untuk batalkan proses.

7. Pada menu Partisi, pada Partisi C: Tekan D untuk delete partisi C:, kemudian Tekan L untuk menyetujui proses delete. Cara ini
dugunakan agar tidak ada tumpang
tindih dengan Windows yang lama.

8. Pada Partisi C: yang telah terhapus Tekan tombol C untuk create atau membuat Partisi, isikan
jumlah kapasitasnya sesuai
kebutuhan, atau biasanya sudah
otomatis dengan jumlah kapasitas
maksimumnya.

9. Tekan Enter pada Partisi C: untuk memulai Instal Dan pilih NTFS file system (Quick) atau FAT file system (Quick) lalu tekan Enter.

10. Jika sudah maka Proses Instalasi Windows XP dimulai

11. Bila Proses Setup selesai
komputer kamu akan Merestart, dan
jika ada tulisan Pres any key to boot
from CD , biarkan saja 12. Setelah itu akan tampil menu
berikut dan kamu Klik tombol Next

13. Isikan dengan Nama dan Organisasi Kamu kemudian tekan Next.

14. Isikan Produk Key atau Serial Number dan tekann Next. 15. Isikan nama komputer dan
password (ataupun dikosongkan
untuk password) dan tekan Next. 16. Set Time Zone pada posisi (GMT +80:00) atau pilih Hanoi Bangkok Jakarta dan klik Next 17. Setelah itu akan tampil, dan biarkan sampai
Restart

18. Berikutnya pada menu "Welcome
To Microsoft Windows" pilih Next

19. Bagian menu "Help Protect your
PC" pilih Not Right Now.

20. Berikutnya tinggal Next dan pilih tombol FINISH Dan Cara instal Ulang Windows XP
pun selesai.semoga dapat
bermanfaat.
DISTRIBUTOR GROSIR MAINAN ANAK MURAH

Hadrware dan Fungsinya

Siang Sobat TKJ, Kali ini saya akan berbagi beberapa Macam Hardware beserta Fungsinya. Mungkin diantara kita masih ada yang belum tahu perangkat keras komputer (Hardware) dan fungsinya.

Berikut Beberapa Hardware dan Fungsinya :

1.Power Supply

Berupa kotak tegangan listirik yang menempel pada bagian belakang setiap casing dan memiliki kabel power yang akan disambungkan ke komponen hardware.

Fungsi : Mengubah tegangan AC menjadi DC dan menyuplai tegangan tersebut ke komponen yang membutuhkan arus dan tegangan.

2.CPU (Central Processing Unit)

Adalah komponen berupa chip atau IC berbentuk persegi empat yang merupakan pengendali proses kinerja computer, dengan dibantu komponen lainnya. Satuan kecepatan prosesor adalah MHz (Mega Hertz) atau GHz (1000 Mega Hertz). Semakin besar nilainya, semakin cepat proses eksekusi pada komputer

Fungsi : Tempat mengatur semua instruksi program pada komputer dan sebagai pengelola semua aktivitas kinerja di dalam komputer.

3.Harddisk

Adalah komponen yang berbentuk persegi empat yang berisi platter atau piringan yang mirip dengan piringan hitam, head, papan elektronik, motor penggerak, dan komponen lainnya, yang dilapisi atau dibungkus oleh casing yang kuat.

Fungsi : Salah satu alat booting computer,Media penyimpanan operation system (OS) yang digunakan pada komputer,Media penyimpanan semua data dalam kapasitas yang besar pada komputer

4.Video Adaptor atau GPU

Merupakan komponen hardware komputer yang menghubungkan peralatan pemrosesan grafis dengan peralatan output berupa monitor. Pada komputer lama, pemrosesan grafis dilakukan oleh prosesor utama. Namun, seiring perkembangan teknologi komputer saat ini, telah didesain

Fungsi : Port penghubung peralatan proses data dengan peralatan output berupa layar/monitorMemaksimalkan fungsi layar sehingga dapat menampilkan grafis dalam resolusi dan kualitas warna yang terbaik.Dapat mempercepat semua kinerja software operation system (Windows)

5.Sound Card

Merupakan komponen hardware komputer yang berbentuk chipset pada motherboard atau PCByang dipasang pada slot PCI di motherboard, dengan memiliki empat komponen utama untuk menerjemahkan analog dan digital.

Fungsi : Mengolah data berupa audio atau suara,Sebagai penghubung output audio ke speaker,Sebagai penghubung input suara ke computer melalui mikrofon.

6.Casing

Adalah otak pembungkus atau tempat meletakkan komponen hardware pemrosesan yang berfungsi melindungi komponen hardware dari gangguan luar. Pada umumnya casing sering disebut dengan CPU.

Fungsi : Tempat meletakkan komponen hardware, misalnya power supply, motherboard, floppy disk, CD-Rom, DVD-Rom

Penentu kinerja sistemkarena berkaitan dengan suhu yang dihasilkan oleh komponen hardware.

Demikian yang bisa saya bagikan kepada teman-teman sekalian. Semoga Artikel ini dapat Bermanfaat !!
DISTRIBUTOR GROSIR MAINAN ANAK MURAH

Agar PC tidak Hang / Lambat ketika berselancar dengan firefox

Bagi Anda pengguna setia Mozilla Firefox pernahkah Anda frustasi saat berselancar dengan firefox tiba - tiba komputer Anda melambat atau bahkan ngadat? Mengapa hal ini bisa terjadi? Salah satu penyeba utamanya adalah karena firefox itu sendiri. Meski populer rupanya Firefox bukanlah browser ringan. Browser ini tergolong tambun dan boros, karena menghabiskan resource komputer yang lumayan tinggi Untuk pertama kali dijalankan saja browser ini (versi 2) menghabiskan paling sedikit 10 mega memori di Linux, dan 20 mega di Windows. Semakin banyak Anda membuka tab / web maka semakin besar memori yang dihabiskan dan semakin sibuk pula CPU Anda bekerja. Anda bisa mengeceknya via aplikasi semacam top dan free di console atau ksysguard di KDE. Dari sisi manajemen memori tampaknya browser ini masih kalah dibanding rivalnya Opera. Eiittss...gak perlu berkecil hati dan lekas-lekas memutuskan berpindah ke browser lain. Karena dengan sedikit tune up Anda bisa memperbaiki kinerja Firefox kesayangan. Ada sedikit tips yang mungkin berguna untuk anda.

1. Batasi kapasitas cache memori

Setiap kali Anda membuka sebuah halaman web, Firefox otomatis akan menyimpannya dalam cache

memori. Secara default Firefox menggunakannya sebesar jumlah maksimal RAM yang Anda miliki. Itulah

mengapa semakin banyak Anda membuka web, memori komputer Anda semakin habis. Untuk

membatasinya tambahkan opsi: browser.cache.memory.capacity. Caranya klik kanan, New > Integer.

Ketik browser.cache.memory.capacity, enter, masukkan angka 2048. 2048 disini artinya gunakan cache

memori maksimal hanya 2 Mega. Anda bisa coba - coba dengan angka yang lain, namun usahakan

merupakan kelipatan dari 1024.

2. Batasi kapasitas cache history

Sama seperti cache memori, hanya bedanya peruntukan cache disini oleh Firefox lebih ditujukan untuk

mempercepat loading halaman saat Anda menekan tombol back dan forward pada browser. Apabila

Anda jarang memakai back dan forward, ada baiknya Anda set dengan nilai kecil guna menghemat

memori. Pada filter ketikkan: browser.sessionhistory.max_total_viewers, ubah nilai -1 menjadi 3. Default

-1 artinya gunakan semaksimal RAM yang ada. hmm.. nilai default dari Firefox benar-benar rakus bukan?

3. Batasi kapasitas cache disk

Secara default Mozilla menset ukuran cache disk sebesar 50 Mega. Tentunya ini pemborosan memori.

Mensetnya menjadi 2 MB dapat memberikan performa yang positif khususnya bagi komputer dengan

memori dibawah 128 MB dan harddisk model lama. Pada filter ketikkan: browser.cache.disk.capacity,

ubah nilai 50000 menjadi 2000.

4. Batasi extension/add-ons

Semakin banyak add-ons yang Anda gunakan, semakin besar RAM yang dihabiskan. Disable add-ons

yang kurang Anda gunakan. Untuk membandingkan performa memori yang digunakan saat

menggunakan dan tanpa add-ons dapat dilakukan dengan mencoba menjalankan Firefox pada kondisi

safe-mode. Caranya dengan perintah: $ firefox -safe-mode. Pada pilihan yang muncul pastikan Anda beri

tanda pada opsi: Disable all add-ons.

5. Disable Flash

Tahukah anda bahwa animasi flash yang di load saat Anda membuka web memakan resource RAM yang

lumayan besar? Konsekuensinya adalah waktu loading menjadi lebih lambat dan berat. Bahkan pada

plugin flash sebelum versi 9, resource RAM yang dipakai merupakan akumulasi dari jumlah flash yang

dibuka sebelumnya. Gerah? Ada baiknya anda disable flash. Silahkan download dan install flashblock

addon disini:

http://downloads.mozdev.org/flashblock/flashblock-1.5.5.xpi (untuk firefox > 1.5.5)

6. Disable download history

Sebaiknya anda nonaktifkan fitur history ini. Karena semakin banyak download history yang disimpan,

maka akan menurunkan performa Firefox. Apalagi bila media penyimpannya pada media removeable

seperti disket. Caranya mudah, pilih menu Tools > Options > Privacy. lalu hilangkan pilihan pada

“Remember what I’ve downloaded”

7. Load yang perlu saja

Secara default Firefox tanpa kita sadari merusaha melakukan pre-download pada link halaman web yang

mungkin akan kita klik. Hal ini meniru taktik Google yang mencache terlebih dahulu result pertama dari

link pencarian yang dia temukan. Tentu cara ini hanya memboroskan bandwdith, dan performa CPU.

Untuk menonaktifkan fitur ini ketik pada filter: network.prefetch-next, klik dua kali, agar nilainya menjadi

false.

8. Download dan segera tampilkan.

Tips ini mungkin berguna buat yang tidak sabaran. Umumnya firefox akan menunggu beberapa saat

setelah download untuk mulai menampilkan halaman yang dituju. Untuk memaksa Firefox agar segera

menampilkan halaman web yang didownloadnya Anda bisa menset nilai: nglayout.initialpaint.delay

menjadi 0. Apabila belum ada silahkan klik kanan, new > integer > nglayout.initialpaint.delay

Tips untuk menghemat memori lainnya adalah dengan mengaktifkan fitur config.trim_on_minimize.

Hanya saja fitur ini hanya efektif pada lingkungan Windows. Caranya klik kanan, new > boolean, ketikkan

config.trim_on_minimize. Set nilainya True. Dengan cara ini setiap kali Firefox di minimize, otomatis

memori yang di pakai akan dilepas / dibebaskan, sehingga dapat dipakai untuk proses aplikasi lainnya.

OK, apabila langkah - langkah diatas telah Anda kerjakan, langkah terakhir adalah me-restart Firefox
DISTRIBUTOR GROSIR MAINAN ANAK MURAH

Tips Mendinginkan Processor Komputer Yang Panas

TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN - Apa kabar sobat TKJ, Lama juga nih gak pernah Share Tips Trik Komputer, Tapi  sobat tenang aja kali ini saya akan share lagi nih mengenai Tips Trik Komputer.

Processor atau Otak komputer, yah pasti sobat pernah mendengarnya. Processor merupakan suatu komputer dalam bentuk IC (Integrated Circuit), yaitu suatu komponen elektronika dasar yang terdiri  dari resistor, transistor dan sebagainya. Dimana Berfungsi sebagai Otak komputer untuk memproses dan mengontrol seluruh kegiatan komputer yang sedang bekerja.

Bagaimana, sobat udah tahukan processor itu apa. Jadi apabila processor tidak dijaga dari panas berlebihan sangat membahayakan karena dapat merusak perangkat processor itu sendiri sehingga pekerjaan kita terhambat di karenakan komputer dapat secara tiba-tiba hang dan bahkan bisa restart sendiri.

Jadi untuk mengatasi hal semacam ini saya akan share sedikit Tips untuk sobat, Berikut Tips Mendinginkan Processor Komputer yang Panas :

1. Gunakan Thermal Paste yang Berkualitas

    Thermal paste adalah media penyalur kelebihan panas dari badan prosesor ke badan heatsink pendingin prosesor sehingga dapat meningkatkan efektifitas penurunan suhu prosesor dan berfungsi juga untuk mencegah terjadinya percikan api dan panas yang overload sebagai efek dari gesekan badan prosesor dan heatsink secara langsung. Thermal paste yang kurang berkualitas tidak akan memiliki fungsi maksimal.

2. Posisi Casing Ditempat yang Pas

    Tempat posisi casing di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik, jangan menempatkan casing di tempat yang tertutup karena tidak dapat membuang panas dari dalam casing sehingga panas menumpuk salah satunya di badan prosesor.

3. Tata Kerapian Kabel Dalam Casing

    Tatalah kerapian kabel dalam casing komputer jangan sampai kabel-kabel tersebut semrawut atau bahkan mengenai baling-baling fan prosesor. Cek dan periksalah dengan baik. Tempatkan kabel-kabel serapi mungkin.

4. Lepas Casing

     Lepas penutup casing komputer Anda. Dengan begitu panas akan mudah dibuang dari dalam casing.

5. Memberi Tambahan Fan Pembuang Udara

    Beli tambahan fan yang menyedot udara panas dari dalam casing untuk keluar. Fan ini murah, di beberapa toko dijual antara 10-20 ribu. Letakkan posisi fan secara terbalik, atau menyedot udara keluar.

Sekian Tips Cara Mendinginkan Processor Komputer yang Panas. Semoga Artikel ini dapat bermanfaat untuk sobat semua.
DISTRIBUTOR GROSIR MAINAN ANAK MURAH

KKPI

HTML (Hyper Text Markup Language) adalah bahasa yang halaman web yang ditulis. Hypertext adalah bahasa, yaitu bahasa yang memungkinkan Anda menulis teks dengan cara yang terstruktur, yang terdiri dari tag, yang menandai awal dan akhir setiap elemen dari dokumen. Sebuah dokumen hypertext terdiri tidak hanya teks, dapat berisi gambar, suara, video, dll., Jadi hasilnya dapat dianggap sebagai dokumen multimedia.

Dokumen HTML harus memiliki ekstensi html atau htm, sehingga mereka dapat ditampilkan dalam browser (program yang memungkinkan halaman web untuk dilihat). Browser bertanggung jawab untuk menafsirkandokumen HTML, dan menunjukkan pengguna halaman web yang dihasilkan dari kode ditafsirkan.

Versi HTML

Pada bulan November 1995 disetujui HTML 2,0 standar untuk menciptakan halaman web. Itu dibuat dengan tujuan informatif, diarahkan untuk kegiatan akademik, di mana isi situs ini lebih penting daripada desain. Tapi versi HTML ini tidak memiliki banyak tool yang memungkinkan Anda mengontrol tata letak halaman dan menambah media, sehingga Netscape (yang browser yang paling banyak digunakan pada saat itu) mulai memasukkan tag baru yang tidak ada dalam standar.

Komite untuk menetapkan standar dalam Internet , mulai bekerja pada penyusunan draft versi baru HTML, HTML 3.0. Namun rancangan ini terlalu luas, mencoba mencakup banyak atribut tag yang baru, dan menciptakan banyak label baru. Oleh karena itu, tidak juga diterima oleh pasar dan beberapa perusahaan yang bergabung untuk membentuk sebuah komite baru untuk menetapkan standar dari HTML. Komite ini berganti nama menjadi W3C.

Pada Januari 1997 disetujui standar HTML 3.2. Standar baru ini meliputi perbaikan yang disediakan oleh Internet Explorer dan Netscape Navigator. Pada Desember 1997 telah menyetujui standar HTML 4.0, yang dirancang untuk standarisasi bingkai (frame), stylesheet dan skrip. Pada bulan September 2001 menyetujui standar HTML 4.01.
DISTRIBUTOR GROSIR MAINAN ANAK MURAH

Konsep dasar Internnet

ADSL (Asimetric Digital Suscriber Line)

Ini adalah metode transmisi data melalui kabel tembaga. Menggunakan telepon dasar, namun memungkinkan pengiriman data sehingga membuat lebih baik dalam penggunaan bandwidth yang tersedia. Ketika kita terhubung ke Internet maka sebagian besar data akan bergerak menuju server Internet , sementaraitu dalam waktu bersamaan beberapa data bergerak dari server ke pengguna dalam sambungan ke Internet.Ketika kita membuat permintaan untuk melihat halaman, kita mengirim sedikit informasi: hanya alamat halaman, sementara itu pada halaman tanda terima itu memberikan banyak pilihan misalnya; gambar, teks, dll… Salah satu keuntungan dari teknologi ini adalah bahwa sambungan tetap, 24 jam per hari, kita tidak perlu memanggil nomor telepon tertentu untuk menghubungkan. Kita juga dapat berbicara di telepon dan terhubung ke Internet sekaligus.Pada tulisan ini dimuat, para pemasok menawarkan koneksi jenis ini kecepatan beraneka ragam dari 512 Kbps sampai 20 Mbps atau diatasnya kepada pemakai Internet, namun tentu saja bayarannya disesuaikan.

BPS (byte per second)

BPS adalah singkatan untuk byte per second. Ini adalah satuan untuk mengukur kecepatan transmisi, misalnya, 56 Kbps modem mentransmisikan 56 (x 1000) adalah 56.000 bps.

Client / Server

Ini adalah sistem mengatur suply permintaan. Sebagai contoh, ketika PC terhubung ke Internet bertindak sebagai klien, sementara komputer yang menyediakan data bertindak sebagai server. Server selalu berharap bahwa mereka menerima permintaan dari klien, permintaan ditempatkan dalam urutan-urutan tertentu untuk dicari secepat mungkin. Jika Anda menerima banyak permintaan server, ini akan memakan waktu lebih lama untuk merespon, dan jika kita mendapatkan begitu banyak permintaan yang bahkan dimuat dalam antrian, maka sistem akan drop alias jatuh.

HTTP (HyperText Transfer Protocol)

Ini adalah protokol untuk mengirimkan halaman web ( HTML ). Dengan protokol ini program klien atau browser berarti web server.

HTML (Hypertext Markup Language)

Ini adalah bahasa program sederhana ditulis di halaman-halaman Web. Hal ini didasarkan pada tag atau label yang ditempatkan di depan setiap elemen halaman untuk menggambarkan formatnya, sebuah tagyang ditutupi dalam simbol-simbol .

Sebagai contoh, NEWS ini akan dicetak tebal

Plug-in

Sebuah plug-in adalah sebuah program kecil pembantu yang memungkinkan browser untuk melakukan fungsi tambahan. Sebagai contoh, untuk melihat animasi Flash untuk menginstal plug-in, untuk mendengarkan radio, kita akan membutuhkan satu lagi plug-in, dll. Dengan masing-masing versi browser baru menggabungkan plug-in yang paling sering digunakan sehingga Anda tidak perlu lagi menginstalnya. Namun demikian, teknologi baru sering muncul untuk meminta plug-in baru pula.

TCP / IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol)

Himpunan data standar yang memungkinkan untuk melakukan perjalanan data/informasi melalui jaringan ke tujuannya. Data dibuat ke dalam paket-paket, setiap paket perjalanan secara independen menuju alamat tujuan. Antara asal dan tujuan mungkin ada beberapa jalan yang berbeda. Setiap paket yang dikirimkan melewati rute terbaik tersedia pada setiap saat. Penerima mengumpulkan paket-paket dari sebuah transmisi dan jika ada sesuatu yang hilang diminta untuk mengirim pulang lagi.

URL (Unique Resource Locator)

Ini adalah sistem penamaan yang membuat setiap sumber atau elemen dari Web memiliki nama alfanumerik yang unik. Misalnya URL dari halaman ini a_3_1.htm

Telnet

Memungkinkan penggunaan komputer remote. Dari komputer kita, kita dapat melakukan koneksi ke komputer lain, biasanya komputer yang lebih kuat, dan bertindak seolah-olah kita berada di komputer ini. Kita dapat melihat dan memodifikasi file, menjalankan program, dll. Tentu saja kita harus menyediakan nama pengguna dan sandi untuk mengakses. Anda dapat memiliki profil yang berbeda dari pengguna berdasarkan hal-hal yang mereka bisa dan tidak bisa lakukan.
DISTRIBUTOR GROSIR MAINAN ANAK MURAH

Open Suse

A.    Sejarah Open Suse
OPEN SUSE bermula di awal tahun 1990-an di mana Linux terdiri dari sekitar 50 keping disket dan dapat diunduh/diambil lewat internet, tetapi pengguna potensial yang memiliki koneksi internet tidaklah banyak. Kemudian S.u.S.E. GmbH menghimpun disket-disket Linux yang dapat dibeli (tanpa harus memiliki koneksi internet). SuSE tersebarluas oleh Suse GmbH dengan lokalisasi instalasi dalam bahasa Jerman dan dengan itu menciptakan distribusi dari banyak pengguna berbahasa Jerman. Alat instalasi dari Slackware diganti dengan YaST hasil pengembangan Suse GmbH sendiri. Mulai April 1994 Paket Suse-Linux Versi 1.0 mulai menggunakan CD, tidak lagi dalam disket (yang sudah mencapai 70 keping).
Versi pertama yang berdiri sendiri terlepas dari Slackware diterbitkan pada Mei 1996 dengan nama S.u.S.E. Linux, versi 4.2. Penomoran 4.2 dalam versi ini diakibatkan dari diskusi panjang di mana penomoran versi 1.1 ditolak dan angka 42 lebih disukai karena merupakan "jawaban dari segala pertanyaan terhadap segala pertanyaan" (Answer to Life, the Universe, and Everything) menurut roman karya Douglas Adams The Hitchhiker's Guide to the Galaxy. Pada versi ini untuk pertama kalinya, dalam distribusi dengan 3 CD, disertai sebuah Live-Filesystem.
Mulai dari versi 4.2 angka penjualan Suse Linux meningkat tajam. Pengguna professional di pasar Linux menuntut produk yang sesuai, maka mulai versi 5 ditawarkan produk SuSE Business Linux. Konsep ini kemudian tetap dijual melalui SUSE Linux Enterprise Server (SLES), yang boleh diperoleh di samping siklus rilis dan pembaruan yang panjang dengan dukungan tawaran dan pelatihan yang beragam.
Suse Linux yang sampai pada versi itu hanya mendukung platform Intel i386, pada versi 6.1 mulai juga mendukung platform DEC, Alpha AXP dan platform PowerPC pada versi 6.3. Kedua distribusi memiliki pengaruh penting bagi pengembangan kualitatif Distribusi Suse Linux. Pada perkembangan berikutnya tersedia juga versi SuSE Linux untuk sistem AMD Athlon 64, Intel Itanium dan IBM 390 (Z-Series).
Mulai versi 7.0 sampai dengan 9.1 tersedia dua versi Suse Linux: Personal dan Professional. Di samping itu tersedia juga versi bagi pelajar. Paket pembaruan dengan harga yang pantas untuk versi Professional juga tersedia tanpa cetakan buku pedoman administrasi. Pada 4 November 2003, Novell mengumumkan bahwa mereka akan mengakuisisi SuSE. Akuisisi ini diselesaikan pada Januari 2004. SuSE 9.1 merupakan versi pertama di bawah Novell. Salah satu perubahan yang terjadi adalah mulai Juni 2004, di samping instalasi melalui FTP, CD untuk instalasi dasar tersedia di internet. Juga pada edisi Professional dipasarkan dengan keping DVD kedua yang berisi perangkat lunak untuk sistem 64-Bit (AMD64 dan Intel 64) (versi 64-Bit SuSE 9.0 dijual terpisah). Pada April 2004 YaST ditempatkan di bawah Lisensi Publik Umum GNU. Pada 4 Agustus 2005, juru bicara dan direktur hubungan masyarakat Bruce Lowry mengumumkan bahwa pengembangan SUSE Professional akan lebih terbuka dan bersama dalam proyek komunitas openSUSE berupaya meraih perhatian yang lebih luas dari pengguna dan pengembang . Lebih terbuka dengan memungkinkan pengguna dan pengembang untuk menguji dan membantu mengembangkannya. Sebelumnya segala pengembangan dilakukan hanya oleh SUSE dan versi 10.0 adalah versi pertama dengan pengujian beta oleh publik. Sebagai bagian dari perubahan, akses ke Server-YaST menjadi pelengkap bagi pengguna SUSE Linux.
B.    Penanganan Proses pada Sistem Operasi Open Suse
Linux Open Suse mengatur semua proses di dalam sistem melalui pemeriksaan dan perubahan terhadap setiap struktur data task_struct yang dimiliki setiap proses. Sebuah daftar pointer ke semua struktur data task_struct disimpan dalam task vector. Jumlah maksimum proses dalam sistem dibatasi oleh ukuran dari task vector. Linux Open Suse ini  umumnya memiliki task vector dengan ukuran 512 entries. Saat proses dibuat, task_struct baru dialokasikan dari memori sistem dan ditambahkan ke task vector. Linux juga mendukung proses secara real time. Proses semacam ini harus bereaksi sangat cepat terhadap event eksternal dan diperlakukan berbeda dari proses biasa lainnya oleh penjadwal.
Proses akan berakhir ketika ia memanggil exit(). Kernel akan menentukan waktu pelepasan sumber daya yang dimiliki oleh proses yang telah selesai tersebut. Fungsi do_exit() akan dipanggil saat terminasi yang kemudian memanggil __exit_mm/files/fs/sighand() yang akan membebaskan sumber daya. Fungsi exit_notify() akan memperbarui hubungan antara proses induk dan proses anak, semua proses anak yang induknya berakhir akan menjadi anak dari proses init. Terakhir akan dipanggil scheduler untuk menjalankan proses baru.
Proses yang dijadwalkan untuk dieksekusi dari doubly-linked list dari proses dengan status TASK_RUNNING disebut runqueue. Bagian prev_run dan next_run dari deskriptor proses digunakan untuk membangun runqueue, dengan init_task mengawali daftar tersebut. Sedangkan untuk memanipulasi daftar di deskriptor proses tersebut, digunakan fungsi-fungsi: add_to_runqueue(), del_from_runqueue(), move_first_runqueue(), move_last_runqueue(). Makro NR_RUNNING digunakan untuk menyimpan jumlah proses yang dapat dijalankan, sedangkan fungsi wake_up_process membuat sebuah proses menjadi dapat dijalankan.

C.    Penanganan Memori Linux OpenSuse
Bagian ini menjelaskan bagaimana linux menangani memori dalam sistem. Memori manajemen merupakan salah satu bagian terpenting dalam sistem operasi. Karena adanya keterbatasan memori, diperlukan suatu strategi dalam menangani masalah ini. Jalan keluarnya adalah dengan menggunakan memori virtual. Dengan memori virtual, memori tampak lebih besar daripada ukuran yang sebenarnya.
Dengan memori virtual kita dapat:
1.    Ruang alamat yang besar
Sistem operasi membuat memori terlihat lebih besar daripada ukuran memori sebenarnya. Memori virtual bisa beberapa kali lebih besar daripada memori fisiknya.
2.    Pembagian memori fisik yang dil
Manajemen memori membuat pembagian yang adil dalam pengalokasian memori antara proses-proses.
3.    Perlindungan
Memori manajemen menjamin setiap proses dalam sistem terlindung dari proses-proses lainnya. Dengan demikian, program yang crash tidak akan mempengaruhi proses lain dalam sistem tersebut.
4.    Penggunaan memori virtual bersama
Memori virtual mengijinkan dua buah proses berbagi memori diantara keduanya, contohnya dalam shared library. Kode library dapat berada di satu tempat, dan tidak dikopi pada dua program yang berbeda.

D.    Manajemen Memori Virtual
Memori fisik dan memori virtual dibagi menjadi bagian-bagian yang disebut page. Page ini memiliki ukuran yang sama besar. Tiap page ini punya nomor yang unik, yaitu Page Frame Number (PFN). Untuk setiap instruksi dalam program, CPU melakukan mapping dari alamat virtual ke memori fisik yang sebenarnya.
Penerjemahan alamat di antara virtual dan memori fisik dilakukan oleh CPU menggunakan tabel page untuk proses x dan proses y. Ini menunjukkan virtial PFN 0 dari proses x dimap ke memori fisik PFN 1. Setiap anggota tabel page mengandung informasi berikut ini:

1.    Virtual PFN
2.    PFN fisik
3.    Informasi akses page dari page tersebut

Untuk menerjemahkan alamat virtual ke alamat fisik, pertama-tama CPU harus menangani alamat virtual PFN dan offsetnya di virtual page. CPU mencari tabel page proses dan mancari anggota yang sesuai degan virtual PFN. Ini memberikan PFN fisik yang dicari. CPU kemudian mengambil PFN fisik dan mengalikannya dengan besar page untuk mendapat alamat basis page tersebut di dalam memori fisik. Terakhir, CPU menambahkan offset ke instruksi atau data yang dibutuhkan. Dengan cara ini, memori virtual dapat dimap ke page fisik dengan urutan yang teracak.
    Demand Paging
Cara untuk menghemat memori fisik adalah dengan hanya meload page virtual yang sedang digunakan oleh program yang sedang dieksekusi. Tehnik dimana hanya meload page virtual ke memori hanya ketika program dijalankan disebut demand paging.

Ketika proses mencoba mengakses alamat virtual yang tidak ada di dalam memori, CPU tidak dapat menemukan anggota tabel page. Contohnya, dalam gambar, tidak ada anggota tabel page untuk proses x untuk virtual PFN 2 dan jika proses x ingin membaca alamat dari virtual PFN 2, CPU tidak dapat menterjemahkan alamat ke alamat fisik. Saat ini CPU bergantung pada sistem operasi untuk menangani masalah ini. CPU menginformasikan kepada sistem operasi bahwa page fault telah terjadi, dan sistem operasi membuat proses menunggu selama sistem operasi menagani masalah ini.

CPU harus membawa page yang benar ke memori dari image di disk. Akses disk membutuhkan waktu yang sangat lama dan proses harus menunggu sampai page selesai diambil. Jika ada proses lain yang dapat dijalankan, maka sistem operai akan memilihnya untuk kemudian dijalankan. page yang diambil kemudian dituliskan di dalam page fisik yang masih kosong dan anggota dari virtual PFN ditambahkan dalam tabel page proses. Proses kemudian dimulai lagi pada tempat dimana page fault terjadi. Saat ini terjadi pengaksesan memori virtual, CPU membuat penerjemahan dan kemudian proses dijalankan kembali.

Demand paging terjadi saat sistem sedang sibuk atau saat image pertama kali diload ke memori. Mekanisme ini berarti sebuah proses dapat mengeksekusi image dimana hanya sebagian dari image tersebut terdapat dalam memori fisik.

Swaping
Jika memori fisik tiba-tiba habis dan proses ingin memindahkan sebuah page ke memori, sistem operasi harus memutuskan apa yang harus dilakukan. Sistem operasi harus adil dalam mambagi page fisik dalam sistem diantara proses yang ada, bisa juga sistem operasi menghapus satu atau lebih page dari memori untuk membuat ruang untuk page baru yang dibawa ke memori. Cara page virtual dipilih dari memori fisik berpengaruh pada efisiensi sistem.
Linux menggunakan tehnik page aging agar adil dalam memilih page yang akan dihapus dari sistem. Ini berarti setiap page memiliki usia sesuai dengan berapa sering page itu diakses. Semakin sering sebuah page diakses, semakin muda page tersebut. Page yang tua adalah kandidat untuk diswap.

Pengaksesan Memori Virtual
Memori virtual mempermudah proses untuk berbagi memori saat semua akses ke memori menggunakan tabel page. Proses yang akan berbagi memori virtual yang sama, page fisik yang sama direference oleh banyak proses. Tabel page untuk setiap proses mengandung anggota page table yang mempunyai PFN fisik yang sama.

Efisiensi
Desainer dari CPU dan sistem operasi berusaha meningkatkan kinerja dari sistem. Disamping membuat prosesor, memori semakin cepat, jalan terbaik adalah manggunakan cache. Berikut ini adalah beberapa cache dalam manajemen memori di linux:
1.    Page Ceche
Digunakan untuk meningkatkan akses ke image dan data dalam disk. Saat dibaca dari disk, page dicache di page cache. Jika page ini tidak dibutuhkan lagi pada suatu saat, tetapi dibutuhkan lagi pada saat yang lain, page ini dapat segera diambil dari page cache.
2.    Buffer Ceche
Page mungkin mengandung buffer data yang sedang digunakan oleh kernel, device driver dan lain-lain. Buffer cache tampak seperti daftar buffer. Contohnya, device driver membutuhkan buffer 256 bytes, adalah lebih cepat untuk mengambil buffer dari buffer cache daripada mengalokasikan page fisik lalu kemudian memecahnya menjadi 256 bytes buffer-buffer.
3.    Swap Ceche
Hanya page yang telah ditulis ditempatkan dalam swap file. Selama page ini tidak mengalami perubahan setelah ditulis ke dalam swap file, maka saat berikutnya page di swap out tidak perlu menuliskan kembali jika page telah ada di swap file. Di sistem yang sering mengalami swap, ini dapat menghemat akses disk yang tidak perlu.
Salah satu implementasi yang umum dari hardware cache adalah di CPU, cache dari anggota tabel page. Dalam hal ini, CPU tidak secara langsung membaca tabel page, tetap mencache terjemahan page yang dibutuhkan.

E.    Manajemen File  dan Directory
Sistem File di Linux mengadopsi sistem File di UNIX, sistem file ini mempunyai tiga buah jesnis file yaitu :
1.    File Biasa [ordinary file / regular file]
File yang biasa digunakan untuk menyimpan data baik itu gambar, text, grafik dan lain sebagainya.
2.    Direktory
File yang berisi daftar nama file dan bilangan inode dari masingmasing file.
3.    File Spesial
File yang umumnya menyatakan suatu perangkat keras, misalnya CD-ROM, USB-DISK dan lain sebagainya.

Setiap file termasuk direktory memiliki “path” yang unik yang menyatakan letak file atau direktory tersebut. Ada dua cara menyatakan nama “path” setiap file ataupun direktory yaitu :

o    Absolut Path
Cara menyatakan file ataupun direktory yang dimulai dari root direktory [ “/” ] misalnya saja seperti /home/jarot/MyJava.java
o    Relatif Path
Cara menyatakan file ataupun direktory berdasarkan direktory kerja saat itu misalnya saja jika direktory kerja saat itu ada di directory /usr mak untuk menyatakan file MyJava.java yang terletak pada absolute direktory /home/jarot/myJava.java adalah ../home/jarot/MyJava.java.

Linux merupakan sistem operasi yang bekerja multi user sehingga setiap file maupun direktory dalam sistem operasi Linux memiliki identitas kepemilikan. Identitas kepemilikan tersebut dibagi menjadi tiga kelas yaitu :

o    User [Orner]
Dimiliki oleh penggunan yang menciptakan file tersebut.
o    Group
Menyatakan Kepemilikan Kelompok
o    Other
Pengguna lain dalam sistem operasi Linux diluar Owner dan Group Selain identitas kepemilikan diatas, sebuah file juga mempunyai informasi untuk mengatur siapa yang berhak untuk membaca, menulis [mengubah] atau menjalankan file tersebut. Model akses terhadap sebuah file dibedakan menjadi tiga yaitu Read [baca], Write [tulis] dan eXecute [eksekusi].

F.    Perintah Dasar Dalam Linux
Banyak sekali perintah dasar dari sistem Linux, dan dari perintah-perintah tersebut masih terdapat opsi [pilihan] dengan karakteristik seindirisendiri. Dalam kesempatan kali ini kita hanya akan membahas perintah dasar Linux yang umum dan sering digunakan saja serta tanpa pilihan opsi tertentu. Perintah-perintah tersebut antara lain :

1.    Sudo
Digunakan untuk berlaku sebagi Super User, sudo sendiri merupakan singkatan dari Super User DO, seorang user harus terdaftar sebaga “sudoers” untuk dapat menggunakan perintah ini.
2.    Man
Digunakan untuk melihat On-Line manual yang disediakan oleh Linux baik itu perintah maupun suatu file dari konfigurasi suatu service tertentu.
3.    Adduser
Digunakan untuk menambahkan user yang nantinya user ini akan terdaftar pada sistem kita.
4.    Ls
Digunakan untuk melihat sebuah isi dari direktory tertentu.
5.    MV
Digunakan untuk memindah file ataupun direktory, untuk menggunakan perintah ini minimal juga harus ada 2 argumen, argumen pertama menandakan file atau direktory yang akan dipindah sedangkan argumen ke 2 menyatakan tempat tujuan.
6.    Chmod
Digunakan untuk mengubah hak akses dari suatu berkas.

        Masih ada banyak perintah – perintah yang dapat di gunaka di dalam Sistem Operasi Linux Open Suse ini , printah – perintah di atas adalah perintah yang sering di gunakan dalam linux.
DISTRIBUTOR GROSIR MAINAN ANAK MURAH

Langkah-langkah Membuat Partisi Harddisk Di Windows XP

a)  untuk harddisk yang sudah terpakai dan pernah di partisi, sebelum membuat partisi baru kita harus menghapus partisi yang lama dengan menekan tombol D lalu Enter selanjutnya tekan tombol L, setelah itu kita dapat membuat partisi yang baru dengan menekan tombol C

b)  untuk harddisk yang masih baru kita langsung dapat membuat partisi dengan menekan tombol C

c)  setelah itu kita masukkan nilai/kapasitas harddisk untuk partisi C, misalnya setengah dari kapasitas harddisk kita (misalnya 8000 dalam satuan Megabyte), setelah itu tekan tombol Enter untuk menyetujui

d)  Kemudian kita membuat partisi D, pada posisi layar seperti diatas kita langsung menekan tombol C

e)  Setelah pembuatan partisi selesai, kita harus melakukan pemformatan pada salah satu partisi yang akan
 digunakan sebagai tempat sitem operasi (misalnya partisi c), setelah itu tekan Enter

f)  Pilih salah satu sistem pemformatan (file system), misalnya pilihan NTFS file system, lalu tekan tombol Enter, maka partisi c akan diformat

g)  Setelah proses pemformatan selesai, maka komputer akan melakukan penyalinan file (Copying file)

h)  Setelah penyalinan file (Copying file) selesai, maka komputer akan me-restart.
DISTRIBUTOR GROSIR MAINAN ANAK MURAH

Spesifikasi Lengkap Playstation 4

Setelah Sony resmi memperkenalkan PlayStation 4 (PS 4) ke publik. Terkini spesifikasi dari konsol game itu tersingkap.

Konsol game generasi terbaru besutan Sony ini menyisipkan CPU 8-core X86-64 AMD. Mesin grafis yang menggunakan generasi terbaru dari AMD Radeon akan berjalan pada 1.84 teraflops.

Suksesor PlayStation 3 (PS 3) ini dibekali RAM 8GB GDDR5 yang akan didukung port USB 3.0, konektivitas internet via kabel dan wireless, HDMI outputm, AV analog dan optical audio. Demikian dilansir dari Digital Spy, Jumat (22/2/2013).

Spesifikasi PlayStation 4
Main Processor: Single-chip custom processor
CPU: x86-64 AMD "Jaguar", 8 cores
GPU: 1.84 TFLOPS, AMD next-generation Radeon™ based graphics engine
Memory: GDDR5 8GB
Hard Disk Drive Built-in
Optical Drive (read only): BD 6xCAV, DVD 8xCAV
I/O Super-Speed USB (USB 3.0)
Communication Ethernet (10BASE-T, 100BASE-TX, 1000BASE-T), IEEE 802.11 b/g/n
Bluetooth® 2.1 (EDR)
AV output HDMI
Analog-AV out
Digital Output (optical)
DISTRIBUTOR GROSIR MAINAN ANAK MURAH
Motherboard
Komponen ini yang menjadi motor utama dari sebuah PC atau
notebook. Anda bisa melakukan monitoring dan controlling hampir
seluruh komponen, karena memang seluruh komponen PC nanti-
nya akan terhubung ke motherboard ini. Contohnya, Anda bisa
memonitor dan mengontrol kecepatan putar dari fan dan suhu
untuk CPU, chipset, video card, dan power supply.
Saat ini sudah banyak pabrikan motherboard yang memberi-
kan tools tambahan yang memiliki fi tur untuk monitoring dan
controlling, seperti Biostar T-Power, ASUS AI Suite, iGuru Abit,
Gigabyte EasyTune, dan MSI Dual Core Center. Dengan tools
bawaan tersebut, tentunya Anda kan semakin dimudahkan
mengetahui seberapa sehat komponen di dalam PC Anda.
Selain itu, beberapa pabrikan komponen chipset juga sudah
memberikan aplikasi universal yang bisa Anda gunakan untuk
melakukan monitoring, controlling, bahkan melakukan tuning
atau overclokcing. Beberapa tools yang ada saat ini seperti AMD
Overdrive, Intel Desktop Control Center, dan nVIDIA nTune.
Bagaimana jika motherboard Anda tidak memiliki tools yang
sudah kami sebutkan di atas? Jangan khawatir, masih ada tools
yang dinamakan Speedfan. Aplikasi tools freeware ini memiliki
kemampuan untuk melakukan monitoring suhu dan kecepatan
fan dari processor, motherboard, dan power supply. Aplikasi
ini mendukung lebih dari 200 jenis motherboard.
Processor
Ada berbagai tool yang bisa Anda gunakan untuk menganalisis
processor, baik itu performa, daya yang diperlukan, suhu, dan
sebagainya. Salah satunya adalah aplikasi tool RightMark CPU
Clock. Dengan tool ini, Anda bisa mengetahui cycle dari pro-
cessor saat itu (menu Core CPU clock to throttle), penggunaan
CPU dan OS untuk loading (menu CPU and OS load). Pada
tool ini, Anda juga akan mendapatkan informasi mengenai CPU
multiplier dan CPU Voltage yang sedang digunakan, ditunjukkan
pada menu CPU Frequency ID (FID) dan Voltage ID (VID). Satu
lagi fungsi yang tak ketinggalan adalah adanya penunjuk suhu
dari CPU yang ditunjukkan pada menu CPU core temperature.
Namun, ini hanya akan muncul jika processor Anda memiliki
sensor suhu terintegrasi di dalam CPU.
RAM
Untuk melihat sejauh
mana RAM pada
sistem PC bekerja,
Anda bisa menggu-
nakan aplikasi Mem-
test. Aplikasi gratis
ini akan memeriksa
apakah terdapat eror
pada RAM Anda, dan
juga berapa kapasitas
RAM yang tersisa saat
itu. Memtest hanya
bisa dijalan lewat DOS saja, cukup klik tombol “start testing” untuk
mulai menjalankan aplikasi ini, hasilnya akan tertera pada window
Memtest di bagian atas.         


Untuk mengetahui   Window aplikasi RightMark
Memory Analyzer untuk   
melakukan benchmark.                                                  
kestabilan dan bera-
pa lama RAM mampu
bekerja, Anda bisa
menggunakan ap-
likasi yang lain seperti
RightMark Memory
Analyzer. Setelah
Anda menjalankan aplikasi ini, akan muncul informasi penting
seputar RAM milik Anda seperti module size, clock, dan access
times. Anda juga bisa melakukan tes kestabilan kinerja RAM
Anda dengan aplikasi ini, cukup buka menu RAM Stability, lalu
tekan tombol “Run” untuk menjalankan benchmark. Sebelum
itu, Anda juga bisa merubah parameter default yang akan di
tes, seperti Block size, Cache size, test duration dan log interval,
sesuai dengan yang Anda inginkan.
Video card
Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk mengetahui
suhu dan kecepatan putar fan dari sebuah video card. Salah
satunya yang cukup bisa diandalkan adalah aplikasi freeware
ATi Tool. Meskipun menggunakan ATi sebagai nama ap-
likasinya, namun aplikasi ini bisa digunakan untuk video card
dari nVIDIA juga.
Pada pilihan “setting” yang terletak di kanan bawah terdapat
berbagai pilihan. Untuk memilih melakukan monitoring suhu
dari video card, klik tombol setting tersebut dan kemudian
pada pilihan scroll bar di atas pilih “Temperature Monitoring”.
Pastikan terlebih dahulu, Anda memberi tanda centang (?)
pada pilihan “Measure card temperature”. Di bagian bawah
window terdapat penunjuk suhu yang akan ditempatkan se-
bagai tray icon, Anda bisa memilih apa yang ingin ditampilkan
pada systray tersebut. GPU Temperature sebagai default akan
menampilkan suhu dari chipset GPU Anda. GPU environment
temperature digunakan untuk mengetahui suhu yang ada di
dalam casing secara keseluruhan dan pilihan terakhir adalah
Alternate both temperature yang akan menunjukkan sekaligus
dua suhu berbeda, GPU dan environment.
Dari sini bisa diketahui jika GPU temperature environment
menunjukkan angka terlalu tinggi, yang berarti bisa dikatakan
panas (overheat), maka dipastikan casing dan sirkulasi udara,
DISTRIBUTOR GROSIR MAINAN ANAK MURAH