memberikan informasi seputar komputer dan jaringan

Sistem Operasi Komputer

1. Pemproses 
  • Berfungsi untuk mengendalikan operasi komputer dan melakukan fungsi pemrosesan data. 
  • Pemroses melakukan operasi logika dan mengelola aliran data dengan membaca instruksi dari memori dan mengeksekusinya. 
  • Langkah kerja pemroses : 

  a. Mengembil instruksi biner dari memori 
  b. Mendekode instruksi menjadi aksi sederhana 
  c. Melakukan aksi 

3 tipe operasi komputer : 
  a. Operasi aritmatika (ADD, SUBSTRACT, MULTIPLY, DIVIDE) 
  b. Operasi logika (OR, AND, XOR, INVERTION) 
  c. Operasi pengendalian (LOOP, JUMP) 

Pemroses terdiri : 
  a. ALU (Aritmatic Logic Unit) 
     Berfungsi untuk melakukan operasi aritmatika dan logika. 
  b. CU (Control Unit)  
     Berfungsi untuk mengendalikan operasi yang dilaksanakan sistem komputer. 
  c. Register-register 
     Berfungsi untuk : 
  • Membantu pelaksanaan operasi yang dilakukan pemroses 
  • Sebagai memori yang bekerja secara cepat, biasanya untuk tempat operand-operand dari operasi yang akan dilakukan


  • Terbagi menjadi register data dan register alamat. 
  • Register data terdiri dari general dan special purpose register. 
  • Register alamat berisi :  

        a. Alamat data di memori utama 
        b. Alamat instruksi 
        c. Alamat untuk perhitungan alamat lengkap 
         
Contoh : register indeks, register penunjuk segmen, register penunjuk stack, register penanda (flag) Pemroses melakukan tugasnya dengan mengeksekusi instruksi-instruksi di program dengan mekanisme instruksi sebagai berikut : 
  a. Pemroses membaca instruksi dari memori (fetch) 
  b. Pemroses mengeksekusi instruksi (execute) 

Eksekusi program berisi pengulangan fetch dan execute. Pemrosesan satu instruksi disebut satu siklus instruksi (instruction cycle). 

2. Memori 
  1. Berfungsi untuk menyimpan data dan program 
  2. Biasanya volatile, tidak dapat mempertahankan data dan program yang disimpan bila sumber daya energi (listrik) dihentikan
  3. Konsep program tersimpan (stored program concept), yaitu program (kumpulan instruksi) yang disimpan di suatu tempat (memori) dimana kemudian instruksi tersebut dieksekusi. 
  4. Setiap kali pemroses melakukan eksekusi, pemroses harus membaca instruksi dari memori utama. Agar eksekusi dilakukan secara cepat maka harus diusahakan instruksi tersedia di memori pada lapisan berkecepatan akses lebih tinggi. Kecepatan eksekusi ini akan meningkatkan kinerja sistem.  

Hirarki memori berdasarkan kecepatan akses : 
a. Register (tercepat) 
b. Chace memory 

Memori berkapasitas terbatas, berkecepatan tinggi yang lebih mahal dibanding memori utama. Chace memory adalah diantara memori utama dan register, sehingga pemroses tidak langsung mengacu memori utama tetapi di cache memory yang kecepatan aksesnya lebih tinggi. 
a. Main memory 
b. Disk chace (buffering) 

Bagian memori utama untuk menampung data yang akan ditransfer dari/ke perangkat masukan/keluaran dan penyimpan sekunder. Buffering dapat mengurangi frekuensi pengaksesan dari/ke perangkat masukan/keluaran dan penyimpan sekunder sehingga meningkatkan kinerja sistem. 
a. Magnetic disk 
b. Magnetic tape, optical disk (terlambat) 

3. Perangkat masukan dan keluaran (I/O) 
  1. Adalah perangkat nyata yang dikendalikan chip controller di board sistem atau card. 
  2. Controller dihubungkan dengan pemroses dan komponen lainnya melalui bus. 
  3. Controller mempunyai register-register untuk pengendaliannya yang berisi status kendali. 
  4. Tiap controller dibuat agar dapat dialamati secara individu oleh pemroses sehingga perangkat lunak device driver dapat menulis ke register-registernya sehingga dapat mengendalikannya. 
  5. Sistem operasi lebih berkepentingan dengan pengendali dibanding dengan perangkat fisik mekanis. 
  6. Perangkat I/O juga memindahkan data antara komputer dan lingkungan eksternal. 
  7. Lingkungan eksternal dapat diantarmuka (interface) dengan beragam perangkat, seperti : 

  a. Perangkat penyimpan sekunder 
  b. Perangkat komunikasi 
  c. Terminal 

4. Interkoneksi antar komponen 
a.Adalah struktur dan mekanisme untuk menghubungkan antar komponen dalam  sistem komputer yang disebut bus. 
b.Bus terdiri dari tiga macam, yaitu : 
  a. Bus alamat (address bus) 
Berisi 16, 20, 24 jalur sinyal paralel atau lebih. CPU mengirim alamat lokasi memori atau port yang ingin ditulis atau dibaca di bus ini.Jumlah lokasi memori yang dapat dialamati ditentukan jumlah jalur alamat. Jika CPU mempunyai N jalur alamat maka dapat mengalamati 2 pangkat N (2N) lokasi memori dan/atau port secara langsung. 

  b. Bus data (data bus) 
Berisi 8, 16, 32 jalur sinyal paralel atau lebih. Jalur-jalur data adalah dua arah (bidirectional). CPU dapat membaca dan mengirim data dari/ke memori atau port. Banyak perangkat pada sistem yang dihubungkan ke bus data tetapi hanya satu perangkat pada satu saat yang dapat memakainya.  

  c. Bus kendali (control bus) 
Berisi 4-10 jalur sinyal paralel. CPU mengirim sinyal-sinyal pada bus kendali untuk memerintahkan memori atau port. Sinyal bus kendali antara lain : 
     · Memory read 

Untuk memerintahkan melakukan pembacaan dari memori. 
  • Memory write Untuk memerintahkan melakukan penulisan ke memori. 
  • I/O read Untuk memerintahkan melakukan pembacaan dari port I/O. 
  • I/O write Untuk memerintahkan melakukan penulisan ke port I/O. 

   d. Mekanisme pembacaan 
Untuk membaca data suatu lokasi memori, CPU mengirim alamat memori yang dikehendaki melalui bus alamat kemudian mengirim sinyal memory read pada bus kendali. Sinyal tersebut memerintahkan ke perangkat memori untuk mengeluarkan data pada lokasi tersebut ke bus data agat dibaca CPU. ? Interkoneksi antar komponen ini membentuk satu sistem sendiri, seperti ISA   (Industry Standard Architecture), EISA (Extended ISA) dan PCI (Peripheral  Component Interconnect). 

  • Secara fisik interkoneksi antar komponen berupa "perkawatan". 
  • Interkoneksi memerlukan tata cara atau aturan komunikasi agar tidak kacau (chaos) sehingga mencapai tujuan yang diharapkan


DISTRIBUTOR GROSIR MAINAN ANAK MURAH

Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman java merupakan bhs pemrograman mengarah objek yang sama dengan bhs c++ serta smalltalk. java berwujud netral, tidak bergantung pada satu platform, serta ikuti prinsip wora ( write once and run anywhere ). tidak seperti c atau c++, anda bisa menulis program di dalam bhs java, cukup sekali mengkompilasi serta bisa dikerjakan pada beragam sistem operasi, seperti windows, linux, solaris, macos. sebaliknya bhs c++ bergantung pada satu platform, dikarenakan mengharuskan kita mengkompilasi program tersebut pada tiap-tiap sistem operasi yang dituju. 

Histori java java dipelopori oleh james gosling, patrick naughton, chris warth, ed frank, serta mike sheridan dari sun microsystems, inc pada th. 1991. mereka memerlukan sekitar 18 bln. untuk buat versi pertamanya. bhs ini mula-mula dimaksud “oak” namun sesudah itu diubah jadi “java” pada th. 1995 dikarenakan nama oak sudah jadikan hak cipta serta difungsikan sebagai bhs pemrograman yang lain. pada pembuatan oak pada musim gugur 1992 sampai diumumkan ke publik pada musim semi 1995, banyak orang-orang yang terlibat di dalam rancangan serta evolusi bhs ini. 

Bill joy, arthur van hoff, jonathan payne, frank yellin, serta tim lindholm sebagai kontributor kunci yang mematangkan prototipe aslinya. java modern java sudah difungsikan di dalam banyak perihal serta sudah menunjukkan keberadaannya pada abad ke 21. waktu ini, java difungsikan beragam tipe aplikasi seperti aplikasi embedded, aplikasi keuangan, desktop, simulasi pesawat, pemrosesan citra, game, aplikasi perusahaan terdistribusi yang dimaksud j2ee serta ada banyak lagi.

java virtual machine ( jvm ) 
java virtual machine menjadi aplikasi simpel yang ditulis didalam bhs c untuk mengeksi program yang ditulis didalam bhs java. pada waktu kombinasi ( pergantian dari bhs tingkat tinggi ke bhs lebih rendah ), program tersebut diubah jadi kode byte. sesudah itu pada waktu eksekusi, jvm membaca kode byte tersebu serta mengubahnya jadi bhs mesin yang dipahami oleh sistem operasi area program tersebut dikerjakan. 

dikarenakan jvm benar-benar bergantung pada platformnya ( bhs mesin menjadi bhs level rendah yang cuma dipahami oleh satu mesin khusus, umpamanya intel, namun tidak mampu dipahami oleh mesin lain, seperti macintosh ), byte code ini mampu dibikin untuk terbebas dari kungkungan platform khusus. code byte yang dihasilkan didalam sistem kombinasi bhs java dapat selamanya sama untuk tiap-tiap sistem operasi atau tipe mesinnya, tapi jvm dapat merubah kode byte tersebut jadi bhs mesin tujuannya. 

just in time compiler ( jit ) 
meskipun java didesain untuk diinterpretasi, dengan tekhnis ga ada yang halangi java untuk dikompilasi jadi bhs mesin seperti bahasa-bahasa pemrograman yang lain. sun sediakan kompiler just in time compiler ( jit ) untuk mengkompilasi kode byte itu jadi bhs mesinnya pada waktu yang bertepatan dengan eksekusinya. kendati demikianlah, pendekatan jit ini membuahkan kapabilitas yang lebih dibanding dengan interpretasi biasa. 

netbenas inspirasi 
netbeans berpedoman pada dua perihal, yaitu platform untuk pengembangan aplikasi desktop java, serta sesuatu integrated development environment ( inspirasi ) yang dibangun memakai platform netbeans. platform netbeans sangat mungkin aplikasi dibangun dari sekumpulan komponen perangkat lunak moduler yang dimaksud modul. sesuatu modul yaitu satu arsip java ( java archive ) yang berisi kelas-kelas java untuk berinetraksi dengan netbeans open api serta file manifestasi yang mengidentifikasinya sebagai modul. aplikasi yang dibangun dengan modul- modul mampu dikembangkan dengan memberikan modul modul baru. dikarenakan modul mampu dikembangkan dengan mandiri, aplikasi berbasis platform netbeans
DISTRIBUTOR GROSIR MAINAN ANAK MURAH

Data Base

Data Base (basis data) merupakan kumpulan data yang saling berhubungan. Hubungan antar data dapat ditunjukan dengan adanya field/kolom kunci dari tiap file/tabel yang ada. Dalam satu file atau table terdapat record-record yang sejenis, sama besar, sama bentuk, yang merupakan satu kumpulan entitas yang seragam. Satu record (umumnya digambarkan sebagai baris data) terdiri dari field yang saling berhubungan menunjukan bahwa field tersebut dalam satu pengertian yang lengkap dan disimpan dalam satu record. 

Adapun Struktur Database adalah : Database File/Table Record Elemen data/FieldDari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa basis data mempunyai beberapa kriteria penting, yaitu : 
1. Bersifat data oriented dan bukan program oriented. 
2. Dapat digunakan oleh beberapa program aplikasi tanpa perlu mengubah basis datanya. 
3. Dapat dikembangkan dengan mudah, baik volume maupun strukturnya. 
4. Dapat memenuhi kebutuhan sistem-sistem baru secara mudah 
5. Dapat digunakan dengan cara-cara yang berbeda.  

Prinsip utama Data Base adalah pengaturan data dengan tujuan utama fleksibelitas dan kecepatan pada saat pengambilan data kembali. Adapun ciri-ciri basis data diantaranya adalah sebagai berikut : 
1. Efisiensi meliputi kecepatan, ukuran, dan ketepatan 
2. Data dalam jumlah besar. 
3. Berbagi Pakai (dipakai bersama sama/Sharebility). 
4. Mengurangi bahkan menghilangkan terjadinya duplikasi dan ketidakkonsistenan data 

DBMS (Database Managemen System) 
Sistem manajemen basis data (Bahasa Inggris: database management system, DBMS), atau kadang disingkat SMBD, adalah suatu sistem atau perangkat lunak yang dirancang untuk mengelola suatu basis data dan menjalankan operasi terhadap data yang diminta banyak pengguna. Contoh tipikal SMBD adalah akuntansi, sumber daya manusia, dan sistem pendukung pelanggan, SMBD telah berkembang menjadi bagian standar di bagian pendukung (back office) suatu perusahaan. 

Contoh SMBD adalah Oracle, SQL server 2000/2003, MS Access, MySQL dan sebagainya. DBMS merupakan perangkat lunak yang dirancang untuk dapat melakukan utilisasi dan mengelola koleksi data dalam jumah yang besar. DBMS juga dirancang untuk dapat melakukan masnipulasi data secara lebih mudah. Sebelum adanya BMS maka data pada umumnya disimpan dalam bentuk flatfile, yaitu file teks yang ada pada sistem operasi. Sampai sekarangpun masih ada aplikasi yang menimpan data dalam bentuk flat secara langsung. 

Menyimpan data dalam bentuk flat file mempunyai kelebihan dan kekurangan. Penyimpanan dalam bentuk ini akan mempunyai manfaat yang optimal jika ukuran filenya relatif kecil, seperti file passwd. File passwd pada umumnya hanya igunakan untuk menyimpan nama yang jumlahnya tidak lebih dari 1000 orang. Selain dalam bentuk flat file, penyimpanan data juga dapat dilakukan dengan menggunakan program bantu seperti spreadsheet. 

Penggunaan perangkat lunak ini memperbaiki beberapa kelemahan dari flat file, seperti bertambahnya kecepatan dalam pengolahan data. Namun demikian metode ini masih memiliki banyak kelemahan, diantaranya adalah masalah manajemen dan keamanan data yang masih kurang. Penyimpanan data dalam bentuk DBMS mempunyai banyak manfaat dan kelebihan dibandingkan dengan penyimpanan dalam bentuk flat file atau spreadsheet, diantaranya : 

1. Performance yang idapat dengan penyimpanan dalam bentuk DBMS cukup besar, sangat jauh berbeda dengan performance data yang disimpan dalam bentuk flat file. Disamping memiliki unjuk kerja yang lebih baik, juga akan didapatkan efisiensi penggunaan media penyimpanan dan memori 

2. Integritas data lebih terjamin dengan penggunaan DBMS. Masalah redudansi sering terjadi dalam DBMS. Redudansi adalah kejadian berulangnya data atau kumpulan data yang sama dalam sebuah database yang mengakibatkan pemborosan media penyimpanan. 

3. Independensi. Perubahan struktur database dimungkinkan terjadi tanpa harus mengubah aplikasi yang mengaksesnya sehingga pembuatan antarmuka ke dalam data akan lebih mudah dengan penggunaan DBMS. 

4. Sentralisasi. Data yang terpusat akan mempermudah pengelolaan database. kemudahan di dalam melakukan bagi pakai dengan DBMS dan juga kekonsistenan data yang diakses secara bersama-sama akan lebiih terjamin dari pada data disimpan dalam bentuk file atau worksheet yang tersebar. 

5. Sekuritas. DBMS memiliki sistem keamanan yang lebih fleksibel daripada pengamanan pada file sistem operasi. Keamanan dalam DBMS akan memberikan keluwesan dalam pemberian hak akses kepada pengguna.
DISTRIBUTOR GROSIR MAINAN ANAK MURAH

Sistem Operasi Komputer

Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar muka user.

Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan "kernel" suatu Sistem Operasi. 

Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian: 
1. Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory 
2. Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi 
3. Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna 
4. Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain 
5. Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrol mereka. 

Sebagian Sistem Operasi hanya mengizinkan satu aplikasi saja yang berjalan pada satu waktu (misalnya DOS), tetapi sebagian besar Sistem Operasi baru mengizinkan beberapa aplikasi berjalan secara simultan pada waktu yang bersamaan. Sistem Operasi seperti ini disebut sebagai Multi-tasking Operating System (misalnya keluarga sistem operasi UNIX). Beberapa Sistem Operasi berukuran sangat besar dan kompleks, serta inputnya tergantung kepada input pengguna, sedangkan Sistem Operasi lainnya sangat kecil dan dibuat dengan asumsi bekerja tanpa intervensi manusia sama sekali. Tipe yang pertama sering disebut sebagai Desktop OS, sedangkan tipe kedua adalah Real-Time OS Sistem Operasi saat ini 

Sistem operasi-sistem operasi utama yang digunakan komputer sistem umum (termasuk PC, komputer personal) terbagi menjadi 3 kelompok besar: 

1. Keluarga Microsoft Windows - yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows 7 (Seven) yang dirilis pada tahun 2009, dan Windows Orient yang akan dirilis pada tahun 2014)). 

2. Keluarga Unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd. 

3. Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.4 (Tiger). Awal tahun 2007 direncanakan peluncuran versi 10.5 (Leopard). Sedangkan komputer Mainframe, dan Super komputer menggunakan banyak sekali sistem operasi yang berbeda-beda, umumnya merupakan turunan dari sistem operasi UNIX yang dikembangkan oleh vendor seperti IBM AIX, HP/UX, dll. 

- Microsoft Windows. 
Microsoft Windows. atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi. yang dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka berbasis grafik (graphical user interface). Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985, yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar. 

Windows 1.0 merupakan perangkat lunak 16-bit tambahan (bukan merupakan sistem operasi) yang berjalan di atas MS-DOS (dan beberapa varian dari MS-DOS), sehingga ia tidak akan dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS. Versi 2.x, versi 3.x juga sama. Beberapa versi terakhir dari Windows (dimulai dari versi 4.0 dan Windows NT 3.1) merupakan sistem operasi mandiri yang tidak lagi bergantung kepada sistem operasi MS-DOS. Microsoft Windows kemudian bisa berkembang dan dapat menguasai penggunaan sistem operasi hingga mencapai 90%. 

- Linux 
Linux adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.

Nama "Linux" berasal dari nama kernelnya (kernel Linux), yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux 

Linux telah lama dikenal untuk penggunaannya di server, dan didukung oleh perusahaan-perusahaan komputer ternama seperti Intel, Dell, Hewlett-Packard, IBM, Novell, Oracle Corporation, Red Hat, dan Sun Microsystems. Linux digunakan sebagai sistem operasi di berbagai macam jenis perangkat keras komputer, termasuk komputer desktop, superkomputer,, dan sistem benam seperti pembaca buku elektronik, sistem permainan video (PlayStation 2, PlayStation 3 dan XBox), telepon genggam dan router. 

Para pengamat teknologi informatika beranggapan kesuksesan Linux dikarenakan Linux tidak bergantung kepada vendor (vendor independence), biaya operasional yang rendah, dan kompatibilitas yang tinggi dibandingkan versi UNIX tak bebas, serta faktor keamanan dan kestabilannya yang tinggi dibandingkan dengan sistem operasi lainnya seperti Microsoft Windows. 

Ciri-ciri ini juga menjadi bukti atas keunggulan model pengembangan perangkat lunak sumber terbuka (opensource software). Sistem operasi Linux yang dikenal dengan istilah distribusi Linux (Linux distribution) atau distro Linux umumnya sudah termasuk perangkat-perangkat lunak pendukung seperti server web, bahasa pemrograman, basisdata, tampilan desktop (desktop environment) seperti GNOME,KDE dan Xfce juga memiliki paket aplikasi perkantoran (office suite) seperti OpenOffice.org, KOffice, Abiword, dan Gnumeric. 
DISTRIBUTOR GROSIR MAINAN ANAK MURAH

Perangkat Keras Komputer

Perangkat keras komputer yaitu seluruh sisi fisik komputer, serta dibedakan dengan data yang ada didalamnya atau yang beroperasi didalamnya, serta dibedakan dengan perangkat lunak ( software ) yang sediakan instruksi untuk perangkat keras kala menyelesaikan tugasnya. batasan pada perangkat keras serta perangkat lunak bakal sedikit buram apabila kita berkata perihal firmware, dikarenakan firmware ini yaitu perangkat lunak yang dibikin ke didalam perangkat keras. 

Firmware ini ialah lokasi dari bidang pengetahuan komputer serta tehnik komputer, yang jarang dikenal oleh pengguna umum. komputer umumnya yaitu komputer pribadi, ( pc ) didalam wujud desktop atau menara kotak yang terdiri dari sisi selanjutnya

Perangkat keras komputer biasa dikenal juga hardware komputer merupakan bagian fisik keseluruhan dari komputer. Pada komputer terdapat komponen-komponen yang salah satu bagiannya adalah perangkat keras komputer sebagai bentuk secara fisik yang dapat dilihat dan disentuh keberadaannya dimana terangkai sedemikian rupa menjadi komputer.

Pengertian komputer secara sederhana yaitu penggabungan dari alat elektronik yang bekerjasama dengan terkoordinasi oleh kontrol program hasilnya memiliki fungsi dan kemampuan tertentu. Kemampuan dari komputer itu sendiri pada dasarnya adalah mampu menerima data dan setelah itu dapat mengolah data tersebut sedemikian rupa lalu akan dihasilkan informasi sebagai output.

Berikut akan menjelaskan dengan lengkap perangkat keras komputer dan fungsinya agar lebih mudah dalam memahami dari banyaknya macam-macam perangkat keras (hardware) komputer. Dalam memudahkan mempelajari dan mengenal berbagai perangkat keras pada komputer maka di buatkan penggolongan hardware komputer berdasarkan :
Input Device (Perangkat Masukan)
Process Device (Perangkat Pemrosesan)
Output Device (Perangkat Keluaran)
Storage Device (Perangkat Penyimpanan)
Periferal (Perangkat Tambahan) 

Penjelasan lebih detail mengenai setiap Perangkat Keras Komputer Hardware Komputer dan Fungsi maupun Macam-macamnya dari penggolongan yang telah disebutkan diatas bisa menyimak lebih lanjut dibawah ini.

Input Device (Perangkat Masukan)

Input Device merupakan perangkat-perangkat keras komputer yang memiliki fungsi untuk memasukkan data ke dalam memori komputer, sebagai contoh input device yaitukeyboard, mouse, touchpad, touch screen, light pen, joy stick, games paddle, barcode, digitizer, scanner, sensor dan voice recognizer.

Process Device (Perangkat Pemrosesan)

Central Procesing Unit (CPU)
Central Procesing Unit (CPU) atau yang lebih dikenal dengan nama Prosesor adalah perangkat keras komputer yang sangat penting dalam memahami dan melaksanakan perintah dari perangkat lunak.

Memori - Random Access Memory (RAM)
Memori merupakan media penyimpanan data sementara pada komputer, memori bertugas dalam jangka pendek atau sekedar transit data dalam menyimpan data sehingga komputer tidak perlu selalu akses langsung ke harddisk dalam mencari dan mengolah data, maka dari itu besarnya RAM menentukan dan membantu kecepatan dari komputer.

Video Graphic Array - VGA Card (Kartu Grafis)
VGA Card merupakan kartu ekspansi dalam menciptakan dan menampilkan tampilan di layar monitor, pada saat sekarang ini pada motherboard biasanya sudah tersedia VGA onboard sehingga tidak diperlukan lagi VGA Card namun untuk memiliki kualitas yang baik dan juga untuk menghubungkan kebeberapa layar monitor tentu perlu ditambahkan VGA Card yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Motherboard (Papan Induk)
Motherboard biasa disingkat Mobo merupakan sebuah papan sirkuit utama tempat berbagai komponen elektronik (Prosesor, Memori, Slot VGA) saling terhubung yang memiliki chip bios, jalur-jalur dan juga konektor sebagai penghubung dari masing-masing perangkat yang terpasang. 

Power Supply Unit (PSU)
Power Supply merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai penghantar arus listrik atau daya, kontrol voltase kepada perangkat keras komputer. 
  

Casing Unit
Casing Unit merupakan wadah atau tempat untuk menempatkan beberapa perangkat utama komputer seperti motherboard, VGA Card, Prosesor dan beberapa perangkat yang lainnya termasuk Power Supply. 


Output Device (Perangkat Keluaran) 

Output Device merupakan perangkat-perangkat keras komputer yang memiliki fungsi untuk menghasilkan keluaran baik berupa hardcopy (di cetak di kertas) atau softcopy(ke layar monitor) dan juga keluaran berupa suara. Sebagai contoh yang termasuk output device yaitu printer (dot matrix, inkjet printer, printer laser), video display (monitor), flat panel display (Liquid Crystal Dispaly), Speaker dan masih banyak lagi.

Monitor / Screen Monitor
Monitor (Visual Display Unit) adalah media sebagai sarana dalam menampilkan apa saja yang kita lakukan dengan komputer seperti mengetik di papan keyboard yang setelah itu diolah dan ditampilkan pada monitor. 
Storage Device (Perangkat Penyimpanan) 

Storage Device adalah media sebagai penyimpanan data, beberapa diantaranya yaitu :

•Harddisk media yang berfungsi sebagai alat booting dan juga menyimpan data.
•DVD/CD-ROM merupakan media penyimpanan dalam bentuk kepingan cakram dengan menggunakan DVD-RW/CD-RW drive.
•Floopydisk atau disket termasuk media penyimpanan data dengan kapasitas yang kecil dan saat ini jarang sekali digunakan, sebagaian digunakan hanya sebagai alat bantu dalam installasi dan booting beberapa Motherboard tertentu.
•Flashdisk merupakan media penyimpanan eksternal yang saat ini paling banyak digunakan karena bentuknya yang kecil dan mudah dibawa dengan kemampuan penyimpanan yang cukup besar.

Periferal (Perangkat Tambahan)

Network Interface Card - NIC : LAN Card
Perangkat Keras Komputer yang berfungsi agar komputer dapat terhubung dengan komputer lainnya maka diperlukan sebuah perangkat keras agar mampu terhubung kejaringan komputer seperti Kartu Jaringan (network interface card - NIC). Dalam merencanakan membentuk suatu jaringan atau dikenal dengan topologi jaringan maka peran dari kartu jaringan adalah penting untuk menghubungkan komputer satu dengan yang lainnya, namun bila komputer berdiri sendiri alias sekedar dijadikan personal komputer saja maka kebutuhan NIC tidak harus ada. NIC pada saat ini sudah disediakan secara onboard pada motherboard sehingga tidak usah repot lagi untuk membelinya lagi, tetapi untuk keperluan tertentu atau ingin meningkatkan kualitasnya tentulah diperlukan NIC/Lan Car dengan kualitas yang lebih baik lagi.

Perangkat tambahan lainnya seperti modem sebagai alat komunikasi dua arah, dimana modem saat ini lebih mengarah kepada alat yang digunakan untuk terhubung ke komputer secara global yang biasa kita menyebut dengan internet, dimana pengertian internet secara umum merupakan jaringan terbesar dari komputer yang dari sana dapat saling akses dan juga bertukar data informasi

Berbagai Perangkat Keras Komputer (Hardware) Gambar Fungsi dan Macamnyaseperti yang telah disebutkan diatas sebenarnya masih banyak lagi dan akan terus bertambah seiring kemajuan dan juga perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi dimana tentunya disesuaikan dengan kebutuhan manusia dalam meningkatkan produktifitasnya.
DISTRIBUTOR GROSIR MAINAN ANAK MURAH

Sejarah Komputer

Sejarah komputer perubahan komputer tidak lepas dari dari penemuan penemuan manusia sejak dahulu waktu bersifat alat mekanik atau elektronik. komputer yang biasa diperlukan waktu ini sebagai evolusi panjang dari komputer terdahulu sejak pertama kali diciptakan di mana komputer terlampau terbatas pemanfaatan serta gunanya gara-gara belum dikomersilkan dan memerlukam keahlian teristimewa untuk mengoperasikannya. 

walau demikianlah perjalanan histori perubahan komputer tidak terhenti lebih-lebih udah sekian kali alami evolusi ditiap generasinya serta dari tiap tiap generasi memperlihatkan perbedaan-perbedaan yang terlampau menonjol sejalan kemajuan teknologi yang terlampau beri dukungan perubahan komputer itu sendiri. 

seumpama kita mencermati perjalanan kilas balik histori perubahan komputer dari tiap tiap generasi, bahwa komputer mampu digolongkan jadi 4 golongan menurut peralatan yang diperlukan untuk menciptakan sesuatu komputer sebagai alat pengolah data, yakni : 

komputer gunakan peralatan manual, maksud dari komputer di sini cocok dengan asal kata yakni “to compute” gunakan peralatan pengolahan data yang terlampau simpel gunakan tenaga tangan manusia seperti pada alat kalkulasi tradisional yang dikenal sebagai abakus komputer gunakan peralatan mekanik, yakni sistim komputasi simpel gunakan peralatan yang udah berupa mekanik serta digerakkan dengan manual 

peralatan mekanik elektronik : pada sisi ini perjalanan histori komputer udah memanfaatkan peralatan mekanik yang bergerak dengan otomatis gunakan prinsip motor elektronik serta operator untuk melaksanakan pengendalian operasi 

peralatan elektronik : peralatan komputer di mana pengolahan datanya bekerja dengan elektronik seperti yang biasa kita dapati waktu ini

Dan berikut adalah PENEMU komputer 

Penemu pertama kali adalah Charles Babbage seorang pakar matematik pada tahun 1822, namun perkembangan selanjutnya tidak lepas dari jasa para penemu dari generasi berikutnya.
Siapa sajakah penemu berikutnya mereka adalah ;

Tahun 1822 Charles Babbage, dengan idenya yang cemerlang mendciptakan sebuah alat yang dapat membantu manusia dalam melakukan perhitungan yang rumit. Mesinnya yang tidak selesai dibuat saat ini berada di London Museum of Science. Dari sinilah cikal bakal komputer diawali.

Tahun 1937 Dr. John V Atanasoff dan Clifford Berry mendesain komputer digital elektronis pertama. Dengan nama ABC (Atanasoff-Berry Computer). ABC hanya dapat menghitung tambah dan kurang.
Tahun 1943 Selama Perang Dunia 2, ilmuwan Inggris yang bernama Alan Turing mendesain komputer elektronik khusus untuk tentara Inggris. Digunakan untuk menembus kode pertahanan Jerman.

Tahun 1944 Howard Hathaway Aiken (american) membuat Mark I. Sebuah komputer hitung digital pertama yang dibuat. Memiliki luas 7,45 kaki x 50 kaki, dengan berat 35 ton. Mark I dapat digunakan untuk menghitung probabilitas.

Tahun 1945 Dr. John von Neumann menulis konsep penyimpanan data. Saat itu masih berupa ide.
Tahun 1946 Dr. John W. Mauchly dan J. Presper Eckert, jr. menyelesaikan komputer skala besar yang pertama, diberi nama ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer). Dunia mengetahui kedua orang ini sebagai PENEMU KOMPUTER.

ENIAC berbobot 30 ton, terdiri dari 18.000 lampu tabung (transistor ukuran besar), memiliki luas 30 kaki x 50 kaki, memakai tenaga 160.000 watt. Pertama kali komputer ini dinyalakan, seluruh jaringan listrik di Philadelphia mendadak mati.

ENIAC tidak hanya dapat menghitung tambah kurang kali bagi, tapi juga dapat diprogram untuk melakukan proses sederhana. Dibanding Mark I yang hanya dapat menghitung, dapat dilihat bahwa ENIAC adalah KOMPUTER pertama di dunia.

Tahun 1947 Transistor pertama ditemukan oleh William Shockley, John Bardeen, dan Walter Brattain. Semenjak transistor ditemukan, ukuran komputer semakin mengecil.

Demikian artikel Sejarah Komputer semoga bisa menjadi tambahan ilmu buat teman-teman


DISTRIBUTOR GROSIR MAINAN ANAK MURAH

Sejarah Internet

Sejarah intenet di mulai pada 1969 dikala departemen pertahanan amerika, u. s. defense advanced research projects agency ( darpa ) menentukan untuk mengadakan riset perihal bagaimana caranya menghubungkan sebanyak komputer jadi membentuk jaringan organik. program riset ini dikenal dengan nama arpanet. pada 1970.

kira-kira lebih 10 komputer yang sukses di kaitkan satu sama lain jadi mereka dapat saling berkomunikasi serta membentuk sesuatu jaringan. th.1972, roy tomlinson sukses menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan 1 tahun yang selanjutnya untuk arpanet. program e-mail ini demikian enteng jadi langsung jadi disukai banyak orang. 

pada th. yang sama, icon @juga diperkenalkan sebagai lambang perlu yang memberikan at atau pada. th. 1973, jaringan komputer arpanet mulai dikembangkan ke luar amerika serikat. komputer university college di london sebagai komputer pertama yang ada di luar amerika sebagai bagian jaringan arpanet. 

pada th. yang sama, dua orang pakar komputer yaitu vinton cerf serta bob kahn mempresentasikan sesuatu inspirasi yang tambah besar, sebagai cikal bakal pemikiran internet. inspirasi ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di kampus sussex. hari bersejarah selanjutnya yaitu tanggal 26 maret 1976, dikala ratu inggris berhasil mengantar e-mail dari royal signals and radar establishment di malvern. setahun lantas, udah kira-kira lebih 100 komputer yang join di arpanet membentuk sesuatu jaringan atau network. 

pada 1979, tom truscott, jim ellis serta steve bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang disebut usenet. th. 1981 france telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang dapat saling menelpon sembari terjalin dengan video link. dikarenakan komputer yang membentuk jaringan makin hari makin banyak, maka diperlukan sesuatu protokol resmi yang dianggap oleh seluruh jaringan. 

pada th. 1982 dibentuk transmission control protocol atau tcp serta internet protokol atau ip yang kita kenal seluruh. sesaat itu di eropa nampak jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan eunet, yang sediakan jasa jaringan komputer di negara-negara belanda, inggris, denmark serta swedia. jaringan eunet sediakan jasa e-mail serta new group usenet. 

untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada th. 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang waktu ini kita kenal dengan dns atau domain name system. komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada udah melebihi 1000 komputer lebih. pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10. 000 lebih. 

th. 1988, jarko oikarinen dari finland mendapatkan serta sekalian memperkenalkan irc atau internet relay chat. 1 tahun lantas, jumlah komputer yang saling terjalin kembali melonjak 10 kali lipat di dalam 1 tahun. tidak kurang dari 100. 000 komputer waktu ini membentuk sesuatu jaringan. th. 1990 yaitu th. yang paling bersejarah, dikala tim berners lee mendapatkan program gantior serta browser yang bisa menjelajah pada satu komputer dengan komputer yang lain, yang membentuk jaringan itu. 

program inilah yang dimaksud www, atau worl wide web. th. 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan udah melampaui sejuta komputer, serta di th. yang sama nampak makna surfing the internet. tahun 1994, web internet udah tumbuh jadi 3000 alamat halaman, serta untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail nampak di internet. dunia segera beralih. di th. yang sama yahoo ! didirikan, yang juga sekalian kelahiran netscape navigator 1. 0.
DISTRIBUTOR GROSIR MAINAN ANAK MURAH

perangkat keras komputer dan fungsinya

perangkat keras komputer ( computer hardware ) yaitu komponen-komponen fisik yang membentuk satu kesatuan sistem personal computer ( pc ). kebanyakan perangkat-perangkat ini dirakit serta beberapa besar dimasukkan ke didalam sesuatu casing komputer serta beberapa lain ada di luar casing.

perangkat keras yang ada didalam casing biasanya terdiri dari : 

motherboard ( papan utama ) 
motherboardmotherboard/mainboard yaitu komponen utama yang membangun sesuatu komputer. berwujud papan persegi dengan slot-slot untuk memasukkan komponen-komponen lain. fungsinya untuk menghubungkan semua komponen pc. perangkat keras komputer lain seluruhnya menempel segera pada slot motherboard atau sekurang-kurangnya terhubung memakai kabel.

central processing unit ( cpu ) 
cpubiasa juga kita kenal sebagai “processor” atau “otak” dari komputer. fungsi dari cpu ini ialah memproses serta memproduksi seluruh hitung serta perintah-perintah yang membuat komputer bisa dioperasikan. gara-gara panas yang dihasilkannya, cpu tetap dilengkapi dengan kipas dan serta heat sink untuk kurangi suhunya. pada beberapa jenis cpu teranyar, telah dilengkapi juga dengan graphic processing unit ( gpu ) yang terintegrasi ke didalam cpu, sebagai pengolah data-data grafis.

random access memory ( ram ) 
random access memory ( ram )ram memiliki fungsi sebagai area transit data sesaat untuk operasi-operasi yang sedang dilakukan oleh cpu. ram punya sifat volatile, berarti perangkat ini tidak meyimpan data dengan permanen, cuma untuk operasi yang diperlukan saja. kapasitas ram pada pc yang kerap kita dapatkan cukup beraneka, dimulai dari 256 mb ( megabytes ) – 16 gb ( gigabytes )

video graphic array ( vga ) 
vga cardvga card atau kartu grafis memiliki fungsi sebagai penghubung yang amat mungkin pengiriman data-data grafis pada pc serta perangkat display seperti monitor atau proyektor. beberapa besar komputer punya vga yang terpisah sebagai kartu ekspansi yang dipasang pada slot motherboard. akan tetapi ada juga komputer yang miliki vga terintegrasi pada motherboard atau pada cpu-nya.

hard disk drive( hdd ) 
hard diskhard-disk memiliki fungsi sebagai area penyimpanan data utama didalam sesuatu sistem komputer. sistem operasi, aplikasi, serta dokumen-dokumen disimpan pada hard-disk ini. pada pc teranyar, ada juga perangkat keras baru yang bernama solid state drive ( ssd ). fungsinya sama seperti hard-disk, akan tetapi tawarkan kecepatan transfer data yang lebih cepat.

optical disc drive 
optical driveoptical drive biasa juga dikenal dengan nama cd drive, dvd drive atau odd. fungsi dari perangkat ini yaitu untuk membaca dan serta menyimpan data dari serta ke media cakram optik seperti cd, dvd, atau blu-ray disc.

power supply unit ( psu ) 
power supply unitpower supply memiliki fungsi sebagai pengkonversi serta penyalur daya listrik dari outlet sumber ( umpamanya listrik pln ) ke wujud daya listrik yang bisa dimanfaatkan untuk menggerakkan komponen komputer yang ada didalam casing. kebanyakan, psu ini di letakkan dibagian belakang casing.


tak sekedar dari perangkat keras komputer yang ada didalam casing, ada juga komponen-komponen yang umum kita simak diluar casing : 

monitor 
monitordisebut juga screen atau display. fungsi dari layar monitor yaitu untuk menampilkan video serta informasi grafis yang dihasilkan dari komputer lewat alat yang dimaksud kartu grafis ( vga card ). monitor ini wujud fisiknya nyaris samadengan televisi, cuma saja televisi kebanyakan sanggup menampilkan informasi grafis dengan ukuran resolusi yang lebih tinggi.

keyboard serta mouse 
keyboard serta mousekeyboard serta mouse memiliki fungsi sebagai alat input untuk memasukkan perintah teks, pembawaan, atau menggerakkan objek pada antarmuka grafis untuk diolah oleh komputer. ukuran serta wujud dari ke-2 alat ini cukup beraneka, akan tetapi fungsinya sama juga.

diluar komponen-komponen yang telah kita sebut di atas, ada juga perangkat keras komputer yang tidak seluruh komputer memilikinya :

uninterruptable power supply ( ups ) 
upssering dimaksud juga sebagai baterai cadangan, fungsi utama ups ialah menyimpan serta sedia kan cadangan listrik yang dapat dimanfaatkan saat sumber listrik utama padam. tak sekedar sebagai cadangan listrik, umumnya ups juga memiliki fungsi sebagai “stabilizer” yang mengatur aliran listrik biar cocok dengan yang diperlukan.

printer serta scanner 
printerprinter memiliki fungsi sebagai alat output cetak dari dokumen elektronik baik wujud teks atau grafis. pada komputer rumahan kebanyakan memakai kertas sebagai media cetaknya. sedang fungsi scanner yaitu kebalikan dari printer yakni memindai input data dari luar komputer ke didalam wujud elektronik yang bisa diolah dengan digital.

speaker 
fungsi dari speaker yaitu sebagai alat output nada yang dihasilkan dari komputer. tak sekedar speaker, kerap juga kita dapatkan orang yang memakai headphone/headset sebagai alat output nada.

sound card ( kartu nada ) 
fungsinya sebagai penghubung pada komputer serta alat output audio seperti speaker

modem 
alat ini memiliki fungsi untuk menghubungkan komputer ke internet

lan card 
fungsinya sebagai penghubung komputer didalam satu jaringan.

demikian telah diterangkan gambaran umum berkaitan perangkat keras komputer serta beraneka fungsinya. untuk penjelasan lebih didalam satu-persatu berkenaan komponen-komponen ini silakan simak index artikel. semoga berfaedah buat anda seluruh.
DISTRIBUTOR GROSIR MAINAN ANAK MURAH

Cara Install Komputer Menggunakan Flashdisk

Cara Install Komputer atau Laptop menggunakan Flashdisk sangat tepat bagi Teman2 yang memiliki komputer atau netbook yang tidak ada dvd/cd room nya. Baiklah, langsung aja GPL (gak pake lama), pertama kali sebelum menginstall laptop atau computer menggunakan flashdisk teman siapkan flashdisk berkapasitas minimal 4 GB untuk menginstall windows 7 dan flashdisk berkapasitas 1 GB untuk windows XP serta sebuah dvd windows XP atau windows 7.


Kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini:

Masukkan flashdisk ke colokan USB

Tekan Ctrl + R untuk membuka jendela RUN -ini slh satu cara-[yg jelas buka jendela run bisa lewat start/klik kanan di start windows pilih start/dll]

Ketik CMD lalu Enter

Ketik diskpart lalu Enter

Ketik list disk, kemudian pilih USB flashdisk. Hati2 pada point ini jangan sampai salah pilih, jika hardisk agan cuma satu maka USB flashdisk agan adalah disk 1

Ketik select disk 1 dan Enter

Ketik clean lalu Enter

Ketik creat partition primary lalu Enter lagi

Ketik select partition 1 dan Enter

Ketik lagi active dan tekan Enter

Ketik format FS=Fat32 dan tekan Enter untuk windows XP atau ketik FS=NTFS dan tekan Enter untuk windows 7

Ketik assign dan tekan Enter

Lalu ketik exit dan tekan Enter

Sampai disini lalu masukkan DVD windows XP atau windows 7 dan copylah semua isinya ke dalam flashdisk

Selanjutnya lakukan booting pada laptop atau komputer yang ingin di install ulang, kemudian masuk ke bios dan pada settingan boot pilih USB flashdisk sobat, tekan F10 pada keyboard dan Enter. 

Komputer atau laptop akan direstart lalu proses install computer/laptop akan berjalan. Tunggu seperti biasa sampai selesai secara sempurna.

Demikian cara install Komputer atau netbook menggunakan flashdisk. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

DISTRIBUTOR GROSIR MAINAN ANAK MURAH

Bahaya Radiasi Komputer

komputer waktu ini udah banyak dipakai oleh penduduk. dikarenakan dikira bisa meringankan satu perkerjaan. komputer juga banyak diperlukan oleh bermacam profesi, seperti desainer, pengajar, akuntan, fotografer, serta terdapat banyak lagi. dikarenakan dikira komputer punyai multi fungsi. 

namun demikian dibalik kehebatannya, komputer juga bisa mengakibatkan kerusakan kesehatan kita, lebih-lebih mata. dikarenakan bahaya radiasi komputer yang dikeluarkan oleh monitor atau komputer tersebut yang bisa mengganggu kesehatan mata. sejalan dengan perubahan teknologi, radiasi komputer lalu bisa diminimalis ( bukan hanya artinya tiada ). 

banyak pakar kesehatan menyebutkan, didalam kehidupan sehari-hari, dimana-mana ada radiasi gelombang elektromagnet. hingga seluruh orang perlu bisa buat perlindungan diri dengan benar, tetapi tidak butuh menjadi terlampau tegang serta ketakutan, biarpun efek gelombang elektromagnet bisa mengundang kanker serta penyakit lain. 

sangat banyak orang yang terkadang lupa bahwa komputer atau laptop yang kita pakai punyai banyak rahasia yang tidak terungkap. sudahkah anda mendengar bahwa radiasi komputer dari monitor bisa mengganggu kesehatan mata anda ? dari banyak penelitian diketahui bahwa radiasi dari layar monitor bisa mengganggu kesehatan mata. kabar baiknya, radiasi komputer tidak memiliki kandungan radiasi yang berbentuk radioaktif. 

radiasi komputer bisa menyebabkan rabun mata, katarak, epilepsi dan sebagainya. dampaknya baru dirasakan 15 atau 20 th. sesudah itu. dampak tersebut adalah sistem yang berlangsung dengan bertahap yang biasanya orang tidak mengerti bahwa dampak tersebut betul-betul dapat berlangsung. 

untuk diketahui bahwa seluruh alat elektronik mengeluarkan sejenis medan elektromagnetik ( electromagnetic field atau emf ) yang disebut diantara tipe radiasi. 


tapi, emf yaitu tipe radiasi yang non-ionisasi, atau radiasi yang kekuatannya apalagi kurang untuk mengionisasi atom atau mengeksitasi elektron, tidak sama dengan radiasi uranium, yang disebut radiasi ionisasi. 

semisal dari radiasi yang ekstrem dari alat elektronik yaitu radiasi dari microwave, yang mengeluarkan medan dengan frekuensi tinggi yang dapat dideteksi walaupun didalam jarak sebagian yard. tapi biasanya radiasi alat elektronik yang lain bakal menyusut didalam jarak sebagian inchi saja. lantas sepanjang kita merawat jarak yang cukup selagi memakai alat-alat tersebut, maka tiada yang butuh dikuatirkan. 

tapi ada masalah spesial seperti pada pemanfaatan laptop. banyak orang-orang letakkan laptop diatas paha mereka pada waktu mereka bekerja. mempunyai arti, jarak pada tubuh dengan laptop yaitu 0. artinya dampak tambah besar, bukan hanya ? 

radiasi yang keluar dari laptop biasanya datang dari didalam komponen laptop, seperti harddisk serta chip memori, dari pada yang keluar dari layar.
DISTRIBUTOR GROSIR MAINAN ANAK MURAH

Pengertian dan Sejarah Komputer

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Komputer berasal dari kata computere artinya menghitung aritmatika. Komputer secara umu digunakan untuk proses perhitungan artimatika, tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung


DEFINISI KOMPUTER MENURUT BEBERAPA PARA AHLI

Komputer berasal dari bahasa latin yaitu 'computare' yang berarti arti menghitung. Karena luasnya bidang tentang ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit saling berbeda dalam mendefinisikan apa itu komputer.

Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input secara digital, lalu memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan didalam memorinya, dan kemudian menghasilkan output atau keluaran berupa informasi (McGraw-Hill, 2001).

Beberapa definisi komputer menurut beberapa buku komputer adalah sebagai berikut :
Komputer Menurut buku Computer Annual (Robert H. Blissmer) :

Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut :
Menerima input atau masukan
Memproses input tersebut sesuai dengan programnya
Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
Menyediakan output atau keluaran dalam bentuk informasi
Komputer Menurut buku Computer Today (Donlad H. Sanders) :

Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta  akuran yang telah dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input atau masukan, kemudian memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah, instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori (stored program).

Dari berbagai banyak pendapat di atas, maka dapat disimpulkan secara umum bahwa komputer merupakan suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input dengan menggunakan suatu program yang tersimpan didalam memori komputer, memberikan output yang berupa informasi dan dapat menyimpan program serta hasil pengolahan dalam suatu media penyimpanan seperti hardisk, flashdisk atau penyimpanan lainnya.

selamat siang kawan dekat seluruhnya hari ini tulisan saya meluncur sejumalah 16 tulisan perihal ini saya jalankan sebab terbatasnya pelayanan internet sekarang dikampung lantas perlu di tulis satu kali didalam 1 minggu. kesempatan ini saya dapat mengulas berkenaan peristiwa komputer kita sebagai pengguna komputer dari dulu sampai sekarang mestinya perlu juga tahu bagaimana peristiwa dari komputer itu sendiri. 
komputer di luncurkan sebagian generasi dari genrasi pertama sampai ke generasi kelima dan komputer waktu saat ini ini. 

komputer generasi pertama 

generasi pertama pada waktu perang dunia dunia yang mana seluruh negara-negara terlibat didalam perang tersebut yang mengusahakan terus mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki oleh komputer. pada th. 1941 konrad zuse seorang insinyur jerman membangun sesuatu komputer z3 untuk mendesain pesawat serta peluru kendali. 

pada pihak sekutu juga kemajuan yang lain didalam pengembangan kebolehan komputer sebagai pemecah kode rahasia yang disebut colossus untuk memecahkan kode rahasia yang dimanfaatkan oleh jerman. resiko dari pembuatan colossus tidak merubah perubahan industri komputer karena miliki dua alasan. pertama, colossus tidaklah komputer sebaguna dia cuma di design untuk memecahkan kode rahasia. ke-2, keberadaan mesin yang dibikin ini yakni colossus dirahasiakan sampai perang berakhir. pada th. 1900-1973 seorang insinyur harvard yang bekerja dengan ibm serta sukses menghasilkan kalkulator elektronik untuk us navy. kalkulator berukuran panjang 1/2 bolah kaki serta mempunyai kabel selama 500 mil. 
perubahan komputer lain pada saat waktu ini yaitu elecronic numerical integrator and computer atau eniac. yang dibikin oleh hubungan kerja pada pemerintah amerika serikat serta university of pennsylvania yang terdiri dari 18. 000 tabung vakum, 70. 000 resistor, serta 5 juta titik solder komputer tersebut amatlah besar sekali konsumsi daya listrik sebesar 160 kw. komputer ini dirancang oleh john presper eckert th. 1919-1995 serta john w mauchly th. 1907-1980. eniaca ialah komputer serbaguna yang bekerja 1000 kali lipat lebih cepat ketimbang mark i. 

pada pertengahan th. 1940an, john von neumann th. 1903-1957 berhimpun dengan tim university of pennsylvania saat membangun rencana design komputer sampai empat puluh th. untuk didalam tehnik komputer. von nemuman mendesain electronic discreete variable automatic computer atau edvac pada th. 1945 gunakan memori dengan menyimpan baik program maupun data yang lain. tehnik ini komputer melaksanakan pekerjaanya serta berhenti sesaat sesudah itu lanjutkan pekerjaanya. kunci utama von neumann yakni unit pemrosesan sentral atau cpu yang memungkin semua fungsi komputer untuk dikoordinasikan lewat satu sumber tunggal. pada th. 1951 univac i atau universal automatic computer i dibikin oleh remington rand jadi komputer komersial perrtama yang manfaatkan model arsitektur von neuman tersebut. 

komputer generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibikin dengan sepisifik untuk tugas khusus. tiap-tiap komputer mempunyai program kode biner yang berlainan yang dimaksud dengan bhs mesin. ciri lain dari komputer generasi pertama yakni pengunaan tube vakum yang membuat komputerpada periode tersebut yang berukuran terlalu besar sekali serta slinder magnetik untuk penyimpanan data. 

baik kawan dekat kita cukupkan dahulu tulisan berkenaan peristiwa komputer ini kelak kita sambung lagi dengan generasi sesudah itu sebab keterbatasan suatu hal lain kesempatan kita lengkapi lagi sampai peristiwa komputer generasi pertama sampai komputer generasi kelima kedepannya. terimakash sudah berkunjung dihalaman ini semoga berikan sedikit faedah sebab ada kekuranganya saya mohon maaf namun saya dapat konsisten mengusahakan untuk melengkapinya kelak. mohon like fanspage facebook saya serta tinggalkan komentarnya yang relevan atau cocok isi tulisan ya kawan dekat seluruhnya.
DISTRIBUTOR GROSIR MAINAN ANAK MURAH

Pengertian Internet

Pengertian Internet dan sejarah internet dari masa ke-masa - Menurut situs wikipedia Internet singkatan dari (interconnection-networking) yaitu sebuah sistem global jaringan komputer yang saling menghubungkan antara satu dengan yang lain di seluruh penjuru dunia. Adapaun standar yang digunakan disebut Internet Protocol Suite (TCP/IP). Komputer yang terhubung ke internet dapat melakukan aktifitas pertukaran data dengan cepat.

Sejarah Internet

Internet pertama kali muncul di Amerika Serikat yang di gagas oleh Departemen Pertahanan pada tahun 1969, melalui proyek ARPA disebut juga ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Dalam proyek tersebut mereka menunjukan bahwa dengan menggunakan perangkat hardware dan software berbasis UNIX, komunikasi bisa dilakukan dengan jarak yang tak terbatas melalui saluran telepon.

pengertian internet

Dalam proyek ARPANET terbentuklah cikal bakal TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) seperti sekarang ini. Mereka merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar.  Pada masa itu Internet di tujukan untuk kepentingan militer, namun seiring berjalanya waktu Internet pun berkembang untuk pendidikan dan umum.

Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer.

Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network.

Pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name Server. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.

Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun sesudahnya pengguna kembali melonjak 10 kali lipat sekitar 100.000 pengguna terhubung.

Pada tahun 1990 bisa di anggap tahun yang paling bersejarah dalam dunia internet, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web.

Aplikasi World Wide Web (WWW) ini menjadi konten yang dinanti semua pengguna internet. WWW membuat semua pengguna dapat saling berbagi bermacam-macam aplikasi dan konten, serta saling mengaitkan materi-materi yang tersebar di internet. Sejak saat itu pertumbuhan pengguna internet meroket menjadi jutaan bahkan sampai saat ini hampir seluruh dunia terhubung ke internet. 
DISTRIBUTOR GROSIR MAINAN ANAK MURAH

Tips Memperbaiki Window Xp

banyak mungkin diantara teman2 yang menggunakan OS windows versi terbaru. tapi banyak juga yang masih menggunakan windows XP

Beberapa minggu yang lalu saya mengalami masalah tidak bisa login VPS windows 2008 di PC saya yang menggunakan windows XP . beberapa hari cari penyebabnya juga belum ketemu. terpaksa menggunakan Team Viewer. tetapi ada keterbatasan juga menurut saya kalo pakai Team Viewer. yang pertama layar tidak bisa penuh sehingga kurang maksimal. yang kedua makan memori yang agak besar di VPS jadi jika Ramnya kecil ya harus rela bagi2 sama softwere lain yang jalan. 

cara mengatasinya:
1. Klik Start, klik Run, ketik regedit, kemudian tekan ENTER.

2. Di panel navigasi, cari dan kemudian klik subkunci registri berikut:
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Contro l\Lsa

3. Pada jendela rincian, klik kanan Security Packages, kemudian klik Modify.

4. Dalam kotak Value data, ketik tspkg . yang lain biarkan dan kemudian klik OK.

5. Di panel navigasi, cari dan kemudian klik subkunci registri berikut:
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Contro l\SecurityProviders

6. Pada jendela rincian, klik kanan SecurityProviders, kemudian klik Modify.

7. Dalam kotak Value data, ketikkan credssp.dll . yang lain biarkan seperti aslinya dan kemudian klik OK.

8. Keluar dari Registry Editor.

9. Restart komputer.
DISTRIBUTOR GROSIR MAINAN ANAK MURAH

Tips Mempercepat Koneksi Internet

aktivitas telusuri, mengunduh, mengunggah dan kesibukan yang lain terlampau terjalin dengan koneksi internet anda. bagaimana tidak, dengan koneksi yang lambat nan lelet, saya meyakini anda seluruh tentu tidak berselera ( hilang mood ) waktu melanjutkan adat online anda, terlebih buat yang puas download serta blogger tentu terlampau kerasa lelahnya dikarenakan lamanya waktu unduh dan leletnya koneksi. buat anda yang punyai masalah seperti yang lagi tengah saya ulas, selanjutnya beberapa cara mempercepat kecepatan download serta telusuri : 


i. mempercepat koneksi telusuri internet 
pada prinsipnya anjuran ini cuma usaha optimasi serta menambahkan daya koneksi semata, sisanya bergantung paket internet yang anda ambillah, selanjutnya trik-trik nya : 

1. teliti kesehatan pc anda 
teliti kesehatan ? ya, teliti kesehatan pc anda juga terlampau mutlak untuk menaikkan koneksi anda. kenapa ? simpel saja virus, spyware, adware, malware serta sekutunya 80% dapat mengganggu koneksi internet anda dikarenakan mereka juga memakainya untuk menyebarkan virus itu ke computer lain lantas lumrah saja bila internet anda dapat lelet !solusinya yaitu, menginstall antivirus yang menurut anda pas dengan spesifikasi pc anda, saya beri semisal : bitdefender keseluruhan security, norton 360 premier, kaspersky pure, eset nod32 smart securtiy, dan seterusnya. ingat, jangan sampai lupa mengupdatenya terus agar tambah dijauhi dengan virus-virus tersebut. 

2. install tool serta software optimasi koneksi internet 
didunia maya, telah banyak pengembang software yang tujuannya mengoptimasi koneksi anda, dari menambahkan daya ping, optimasi jalur internet, hingga pengambilan jalur internet lain ( hacking internet access/netcutting ). saya cuma mengulas optimasi internet dengan white hacking tanpa mengambil hak orang lain, selanjutnya apa yang perlu anda jalankan :solusinya yaitu, memakai tools seperti agasta, speed conect, dan seterusnyanya. 

3. rubah dns internetdns internet yaitu satu unsur yang terlampau mutlak terlebih waktu mempercepat telusuri serta downloading, rencana internet di indonesia seperti ini : jadi lebih banyak yang memakai dns tersebut jadi lebih lemah “ping” tersebut, jadi lebih sedikit pengguna satu pelayanan internet maka jadi lebih cepat koneksi yang di tawarkan oleh provider terlebih provider modem usb !solusinya yaitu mengganti dns yang dapat menyimpan pengguna yang banyak, makanya “ping” yang dihasilkan lebih stabil, selanjutnya listnya :- dns public google8. 8. 8. 88. 8. 4. 4- scrubtit dns67. 138. 54. 100207. 225. 209. 66- open dns208. 67. 222. 222208. 67. 220. 220petunjuk serta cara merubah dns :1. mencari tombol internet connection di taskbar anda2. klik kanan, sesudah itu tentukan “ open network and share center”3. tentukan “local area connection”4. tentukan properties5. dobel klik “internet protocol version 4”6. rubah dns numbernya cocok selera anda ! 

4. tweaking registry windows 
tekan tombol “windows+r” sesudah itu ketikan di jendela windows run “regedit” 
mencari alamat hkey_local_machine/system/current controlset/services/tcpip/serviceprovider 
di direktori serviceprovider pindah nilai selanjutnya : 
- dnspriority = 1 
- hostspriority = 1 
- localpriority = 1 
- netbtpriority = 1 
restart komputer 
5. mengatur bandwidth di windows : 
start – run 
ketikkan “gpedit. msc” – ok 
pada computer configuration, tentukan administrative templates 
klik network – qos packet scheduler 
pada window sebelah kanan, double klik limit reservable bandwidth 
pindah setting jadi enabled 
pindah bandwidth limit jadi 0 ( 0 ) 
ok 
6. memakai wakeup !1. laksanakan wakeup. exe2. rubah timenya dengan 30 sec ( agar koneksi internet ngak putus-putus )3. klick apply4. bila pengin hide saja agar tidak mengganggu panorama j 

ii. mempercepat kecepatan download 
1. install internet downloader ( idm )2. setting settingan idm dengan 
2 cara :- install idm optimizer 
- cara manual t1 : 
a. mencari tab download = speed limiter = settings 
b. sesudah itu di bagian “maximum download speed for one file” isikan angka ke didalam kotak tersebut “1000000” sesudah itu klik “ok” 
c. sesudah itu tentukan tombol “option” 
d. mencari tab “connection” 
e. tentukan “default max conn number”, tentukan angka “16” ( dengan default dapat memilih 8 ) 
f. click “ok”
DISTRIBUTOR GROSIR MAINAN ANAK MURAH

Akibat Terlalu Sering Melakukan Instal Ulang

Barangkali untuk yang kerap sekali laksanakan instal lagi perlu buang pikiran untuk laksanakan instal lagi sebab amat banyak yang dapat di gara-gara sekiranya keseringan untuk instal lagi, misalnya nih ya : 

1. ketergantungan 
laptop, netbook atau notebook yang kerap di instal lagi tentu nya bakal enteng rusak didalam kinerja nya sistem nya yang mana membuat ketergantungan untuk laksanakan instal lagi terus terusan. . . 

2. kurangi tenaga baterai 
nah yang satu ini mutlak juga lho, sebab laptop, notebook maupun netbook yang baterai udah soak tentu nya bakal sama fungsi nya seperti komputer biasa. . . terus terusan untuk laksanakan instal lagi dapat kurangi daya baterai. . fakta statistik nya tiap tiap laksanakan instal lagi dapat kurangi daya baterai 4-5% 

3. mengakibatkan kerusakan hardware dengan perlahan 
seandainya yang satu ini barangkali sistem nya terbilang lama, sebab dengan tidak segera tiap tiap kita laksanakan instal lagi bakal membuat seluruh hardware nya bekerja dengan terlampau keras lebih-lebih lagi juga butuh tenaga listrik yang cukup kuat biar tidak berlangsung kegagalan kala melakukan instal lagi, salah hardware yang kerap terkena gara-gara nya ada lcd/ layar ketimbang laptop, notebook atau netbook tersebut. 
DISTRIBUTOR GROSIR MAINAN ANAK MURAH

Istilah Dalam Komputer

Hello sobat  Apa kabar nii. Lama juga yah saya ngak post artikel. Tapi tenang saja sobat kali ini saya share sedikit Istilah-Istilah Dalam komputer. Pasti di antara kita semua belum mengenal banyak Istilah- istilah alam Komputer dan tentu nya karena baru dalam mengeluti bidang komputer termasuk saya, dan sekarang saya ingin membagikan kepada pemula dalam bidang komputer baru belajar tentang program komputer seperti (Ms.Office,Adobe,dll),hardware komputer dan lain-lain tentang komputer.

Baiklah Berikut beberapa istilah dalam komputer :
  • abort = gugurkan
  • access = akses
  • access management = manajemen akses
  • access unit = unit akses
  • account = akun; rekening
  • action button = tombol tindak, tombol aksi
  • action setting = penataan tindak, penataan aksi
  • active desktop = destop aktif
  • add-ins = tertambah
  • address = alamat
  • address book = buku alamat
  • administration = administrasi
  • administration domain = ranah administrasi
  • advisory system = sistem penasihat
  • affirmation = penegasan
  • agenda = agenda
  • algorithm = algoritma
  • alias = alias
  • align left = rata kiri
  • align right = rata kanan
  • alignment = perataan
  • alternate = silih
  • alternate recipient = penerima pilihan
  • animation = animasi
  • anonymous remailer = penyurat-balik anonim
  • append = bubuh
  • application = aplikasi
  • apply = terapkan
  • apply design = desain terapan
  • arrange = susun
  • array = larik
  • artificial intelligence = kecerdasan buatan, intelegensi buatan
  • ascending = menanjak, urut naik
  • attribute = atribut
  • auto clip art = gambar klip otomatis
  • auto-correct = pembetulan otomatis, otokoreksi
  • auto-forward = maju otomatis
  • auto-replay = putar ulang otomatis
  • auto-reply = balasan otomatis
  • autofit = otofit
  • autoformat = format otomatis, otoformat
  • automatic learning = pembelajaran otomatis
  • autoshapes = bentuk otomatis
  • autosum = total otomatis; jumlah otomatis
  • back = balik; belakang
  • back slash = garis miring kiri
  • back space = spasi mundur
  • back up = (rekam) cadangan
  • background = latar belakang
  • backtracking = lacak balik
  • backward chaining = perantaian balik
  • band = pita
  • bandwidth = lebar pita
  • bar = batang
  • bar-code = kode batang
  • bar-code reader = pembaca kode batang
  • bar-code scanner = pemindai kode batang
  • base = basis
  • batch = tumpak
  • best-first search = telusur pertama terbaik
  • binary = biner
  • bit = bit
  • bit map = peta bit
  • blackboard model = model papan tulis
  • blind copy recipient = penerima kopi buntu; penerima salin buntu
  • body = bodi; badan
  • body text = teks tubuh
  • bold = tebal
  • border = batas
  • bps = bps
  • breadth-first search = telusur pertama lebar
  • break = putus
  • broadcast mail = surat siaran
  • broadcast videography = videografi siaran
  • browse = ramban; jelajah
  • browsers = peramban; penjelajah 
  • buffer = penyangga 
  • bug = kutu bullet = bulet  
  • button = tombol
  • byte = bita
  • cache memory = memori tembolok, memori singgahan
  • cancel = batal
  • capacity = kapasitas
  • capslock = kancing kapital
  • caption = takarir
  • card = kartu
  • cartridge = kartrid, selongsong, patrun
  • cartridge disk = disket kartu
  • cascade = riam
  • cell = sel
  • center = tengah
  • central processing unit (CPU) = unit pengolah pusat (UPP)
  • change case = ubah karakter
  • channel = saluran, kanal
  • character = aksara; karakter
  • chart = bagan
  • chatting = rumpi
  • clear = bersih; bersihkan
  • click = klik
  • monitor = monitor
  • monitor display = tampilan monitor
  • motherboard = papan induk
  • mouse = tetikus
  • movie = film
  • multi-tasking = penugasan ganda
  • multimedia = multimedia
  • multiple of firing = ganda penyalaan
  • name resolution = resolusi nama
  • naming authority = otoritas penamaan
  • natural language = bahasa alami
  • network = jaringan
  • networking = jejaring
  • new mail = surat baru
  • nondelivery= takterkirim
  • numbering = penomoran
  • numlock = kancing angka
  • O/R address = alamat O/R
  • object = objek
  • off = padam
  • office automation = otomasi kantor
  • offline = terputus
  • ok = oke
  • on = hidup, on
  • on line = terhubung; tersambung
  • open = buka
  • operating system (OS) = sistem operasi (SO)
  • operator = operator
  • optical disk = disket optik
  • option = opsi; pilihan
  • originator = originator
  • originator/recipient = originator/penerima
  • other documents = dokumen lain
  • out-basket = keranjang luar
  • outline = kerangka, ragangan
  • output = keluaran
  • pack and go = kemas dan jalankan
  • page default = standar halaman
  • page down (PgDn) = turun halaman
  • page number = nomor halaman
  • page preview = pratilik halaman
  • page set up = tata halaman
  • page up (PgUp) = naik halaman
  • page width = lebar halaman
  • paragraph = paragraf
  • password = sandi lewat
  • paste = pasta, rekat
  • paste special = spesial pasta
  • pause = jeda
  • percent style = gaya persentase
  • physical delivery = pengiriman fisik
  • physical delivery access = akses pengiriman fisik
  • picture = gambarpixel = piksel
  • port = pangkalan
  • portrait = potret
  • power = daya
  • preview = pratilik
  • preview not available = pratilik taktersedia
  • primary storage = penyimpan utama
  • print = cetak
  • print area = wilayah cetak
  • print out = cetakan
  • print preview = pratilik cetak
  • print screen = cetak layar
  • printer = pencetak
  • private domain name = nama ranah pribadi
  • private management = manajemen pribadi
  • probe = kuar
  • process = proses
  • processor = pemroses; prosesor
  • program = program
  • programmer = pemrogram, programer
  • programmer analyst = analis pemrogram; analis programer
  • programming = pemrograman
  • programming language = bahasa pemrograman
  • prompt = siap ketik
  • proof of delivery service = kedap layanan pengiriman
  • properties = properti
  • protect = proteksi; perlindungan
  • protocol = protokol
  • publications = publikasi
  • query = permintaan, kueri
  • quit = keluar
  • random access = akses acak
  • random access memory (RAM) = memori akses acak
  • read only memory (ROM) = memori baca-saja
  • reader = pembaca
  • ready = siap
  • receipt = menerima
  • received = diterima
  • recipient = penerima
  • record = utas; rekam
  • redo = jadi lagi
  • redundancy = kelewahan; redundansi
  • refresh = segar
  • release = luncuran; terbitan
  • remove = hapus
  • rename = ganti judul, nama ulang
  • repeat = ulang
  • replace = ganti
  • replication = replikasi
  • reply = jawab
  • reply all = jawab semua
  • reports = laporan
  • reset = tata ulang
  • resource = sumber daya
  • restart = start ulang
  • restore = simpan ulang
  • resume = teruskan lagi
  • retrieval = temu kembali
  • retry = coba lagi
  • return = kembali
  • rewrite = tulis ulang
  • right = kanan
  • row = baris
  • ruler = mistar
  • run = jalankan
  • save = simpan
  • save as = simpan sebagai
  • save as HTML (hyper text markup language) = simpan sebagai bahasa markah hiper teks (BMHT)
  • scan = pindai
  • scanner= pemindai
  • screen = layar
  • scroll = menggulung
  • scroll lock = kunci gulung
  • search = telusur
  • secondary recipient = penerima sekunder
  • sector = sektor
  • secure access = akses aman
  • security = keamanan
  • segment = segmen
  • select = pilih
  • select all = pilih semua
  • send = kirim
  • send to = kirim kepada
  • sent item = surat/butir terkirim
  • series = seri
  • server = peladen; server
  • set up show = tata tampilan
  • setting = penataan
  • setup = tata
  • shading = pembayangan
  • share workbook = buku kerja bersama
  • shareable directory = direktori terbagi
  • sheet = lembar
  • shift = alih
  • shut down = tutup padam
  • signature = tanda tangan
  • slash = garis miring
  • sleep = pudar
  • slide = salindia
  • slide colour scheme = skema warna salindia
  • slide from files = salindia dari berkas
  • slide from outlines = salindia dari ragangan
  • slide layout = tata letak salindia
  • slide miniature = miniatur salindia
  • slide number = nomor salindia
  • slide show = tampil salindia
  • slide sorter = penyortir salindia; pemilah salindia
  • slot = slot
  • software = perangkat lunak
  • sort = sortir; pilah
  • sound = suara
  • source = sumber
  • space = spasi
  • spacebar = batang spasi
  • speaker noter = pencatat pembicara
  • spelling = ejaan
  • split = belah
  • splitting = pembelahan
  • spread sheet = lembar sebar
  • standby = siaga
  • start = mulai; star
  • start up = hidupkan
  • status bar = batang status
  • stop = stop
  • stored message alert = siaga pesan tersimpan
  • style = gaya
  • style checker = pemeriksa gaya
  • subdirectory = subdirektori
  • subject = subjek
  • submission = submisi
  • subscriber = penika bawah
  • subscript = tika bawah
  • subtotals = subtotal
  • superscript = tika atas
  • symbol = simbol
  • synchronize = menyelaraskan; selaras
  • tab = tab
  • table = tabel
  • tape = pita
  • taskbar = batang tugas
  • teleconferencing = telekonferensi
  • telecopy = telekopi
  • telefax = telefaks
  • teletext = teleteks
  • telex = teleks
  • template = templat
  • terminal = terminal
  • text (voice, image, video) = teks (suara, citra, video)
  • text box = kotak teks
  • theme = tema
  • thread = ulir
  • throughput = terobosan
  • tile = ubinan
  • time = waktu
  • to fax = ke faks
  • toolbars = batang alat; batang perkakas
  • tools = alat; perkakas
  • top-level domain name = nama ranah aras puncak
  • trace = runut
  • tracing facility = fasilitas perunutan
  • track = lintas, jalur
  • transfer = transfer
  • transmission = transmisi
  • transmittal event= peristiwa transmital
  • underline = garis bawah
  • undo = tak jadi
  • unhide = tak tersembunyi
  • up = ungguh
  • up level = naik aras
  • update = mutakhir
  • upload = unggah
  • upper case = sosok (huruf) atas
  • user = pengguna
  • user agent = agen pengguna
  • user friendly = akrab pengguna
  • user group = kelompok pengguna
  • user interface = antarmuka pengguna
  • utilities = kegunaan
  • version = versi
  • vertical = vertikal
  • video conferencing = konferensi video
  • videotext= teks video
  • view =tilik
  • viewdata = data tilik
  • viewing screen = layar penilikan
  • voice mail = surat suara
  • wake up = bangun
  • web pages = halaman web
  • whole page = halaman utuh
  • window = jendela
  • wizard = cekatan
  • word = kata
  • work load = beban kerja
  • work station = anjungan kerja
  • zoom = zum, perbesar
DISTRIBUTOR GROSIR MAINAN ANAK MURAH