memberikan informasi seputar komputer dan jaringan

perangkat keras komputer dan fungsinya

perangkat keras komputer ( computer hardware ) yaitu komponen-komponen fisik yang membentuk satu kesatuan sistem personal computer ( pc ). kebanyakan perangkat-perangkat ini dirakit serta beberapa besar dimasukkan ke didalam sesuatu casing komputer serta beberapa lain ada di luar casing.

perangkat keras yang ada didalam casing biasanya terdiri dari : 

motherboard ( papan utama ) 
motherboardmotherboard/mainboard yaitu komponen utama yang membangun sesuatu komputer. berwujud papan persegi dengan slot-slot untuk memasukkan komponen-komponen lain. fungsinya untuk menghubungkan semua komponen pc. perangkat keras komputer lain seluruhnya menempel segera pada slot motherboard atau sekurang-kurangnya terhubung memakai kabel.

central processing unit ( cpu ) 
cpubiasa juga kita kenal sebagai “processor” atau “otak” dari komputer. fungsi dari cpu ini ialah memproses serta memproduksi seluruh hitung serta perintah-perintah yang membuat komputer bisa dioperasikan. gara-gara panas yang dihasilkannya, cpu tetap dilengkapi dengan kipas dan serta heat sink untuk kurangi suhunya. pada beberapa jenis cpu teranyar, telah dilengkapi juga dengan graphic processing unit ( gpu ) yang terintegrasi ke didalam cpu, sebagai pengolah data-data grafis.

random access memory ( ram ) 
random access memory ( ram )ram memiliki fungsi sebagai area transit data sesaat untuk operasi-operasi yang sedang dilakukan oleh cpu. ram punya sifat volatile, berarti perangkat ini tidak meyimpan data dengan permanen, cuma untuk operasi yang diperlukan saja. kapasitas ram pada pc yang kerap kita dapatkan cukup beraneka, dimulai dari 256 mb ( megabytes ) – 16 gb ( gigabytes )

video graphic array ( vga ) 
vga cardvga card atau kartu grafis memiliki fungsi sebagai penghubung yang amat mungkin pengiriman data-data grafis pada pc serta perangkat display seperti monitor atau proyektor. beberapa besar komputer punya vga yang terpisah sebagai kartu ekspansi yang dipasang pada slot motherboard. akan tetapi ada juga komputer yang miliki vga terintegrasi pada motherboard atau pada cpu-nya.

hard disk drive( hdd ) 
hard diskhard-disk memiliki fungsi sebagai area penyimpanan data utama didalam sesuatu sistem komputer. sistem operasi, aplikasi, serta dokumen-dokumen disimpan pada hard-disk ini. pada pc teranyar, ada juga perangkat keras baru yang bernama solid state drive ( ssd ). fungsinya sama seperti hard-disk, akan tetapi tawarkan kecepatan transfer data yang lebih cepat.

optical disc drive 
optical driveoptical drive biasa juga dikenal dengan nama cd drive, dvd drive atau odd. fungsi dari perangkat ini yaitu untuk membaca dan serta menyimpan data dari serta ke media cakram optik seperti cd, dvd, atau blu-ray disc.

power supply unit ( psu ) 
power supply unitpower supply memiliki fungsi sebagai pengkonversi serta penyalur daya listrik dari outlet sumber ( umpamanya listrik pln ) ke wujud daya listrik yang bisa dimanfaatkan untuk menggerakkan komponen komputer yang ada didalam casing. kebanyakan, psu ini di letakkan dibagian belakang casing.


tak sekedar dari perangkat keras komputer yang ada didalam casing, ada juga komponen-komponen yang umum kita simak diluar casing : 

monitor 
monitordisebut juga screen atau display. fungsi dari layar monitor yaitu untuk menampilkan video serta informasi grafis yang dihasilkan dari komputer lewat alat yang dimaksud kartu grafis ( vga card ). monitor ini wujud fisiknya nyaris samadengan televisi, cuma saja televisi kebanyakan sanggup menampilkan informasi grafis dengan ukuran resolusi yang lebih tinggi.

keyboard serta mouse 
keyboard serta mousekeyboard serta mouse memiliki fungsi sebagai alat input untuk memasukkan perintah teks, pembawaan, atau menggerakkan objek pada antarmuka grafis untuk diolah oleh komputer. ukuran serta wujud dari ke-2 alat ini cukup beraneka, akan tetapi fungsinya sama juga.

diluar komponen-komponen yang telah kita sebut di atas, ada juga perangkat keras komputer yang tidak seluruh komputer memilikinya :

uninterruptable power supply ( ups ) 
upssering dimaksud juga sebagai baterai cadangan, fungsi utama ups ialah menyimpan serta sedia kan cadangan listrik yang dapat dimanfaatkan saat sumber listrik utama padam. tak sekedar sebagai cadangan listrik, umumnya ups juga memiliki fungsi sebagai “stabilizer” yang mengatur aliran listrik biar cocok dengan yang diperlukan.

printer serta scanner 
printerprinter memiliki fungsi sebagai alat output cetak dari dokumen elektronik baik wujud teks atau grafis. pada komputer rumahan kebanyakan memakai kertas sebagai media cetaknya. sedang fungsi scanner yaitu kebalikan dari printer yakni memindai input data dari luar komputer ke didalam wujud elektronik yang bisa diolah dengan digital.

speaker 
fungsi dari speaker yaitu sebagai alat output nada yang dihasilkan dari komputer. tak sekedar speaker, kerap juga kita dapatkan orang yang memakai headphone/headset sebagai alat output nada.

sound card ( kartu nada ) 
fungsinya sebagai penghubung pada komputer serta alat output audio seperti speaker

modem 
alat ini memiliki fungsi untuk menghubungkan komputer ke internet

lan card 
fungsinya sebagai penghubung komputer didalam satu jaringan.

demikian telah diterangkan gambaran umum berkaitan perangkat keras komputer serta beraneka fungsinya. untuk penjelasan lebih didalam satu-persatu berkenaan komponen-komponen ini silakan simak index artikel. semoga berfaedah buat anda seluruh.

DISTRIBUTOR GROSIR MAINAN ANAK MURAH
perangkat keras komputer dan fungsinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sumarna Almarogi

3 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.