memberikan informasi seputar komputer dan jaringan

Cara Membuat Website

Sebelum kita mengetahui secara langsung cara membuat website, alangkah baiknya kita mengenal jenis-jenis blog/website yang akan kita buat nanti. Berikut adalah jenis-jenis website/blog :

JENIS – JENIS BLOG 
Saat ini perkembangan blog tidak hanya terbatas pada tulisan saja, tetapi dalam beragam bentuk, karena seringkali tergantung dari cara penulis mengekspresikan cerita yang dibuat.  Bentuk blog dapat bervariasi, tidak hanya pada tulisan, tetapi dapat juga berupa foto bahkan video. 

1. General Blog 
Bentuk blog seperti ini yang paling sering dijumpai di dunia maya, yaitu isi blog berupa tulisan, entah itu menceritakan kehidupan sehari - hari, opini pribadi tentang suatu topik, bahkan dijadikan sebagai ajang kampanye guna pengumpulan massa. Penulisnya disebut sebagai blogger. 

2. Photo Blog 
Seringkali disebut juga blog foto, merupakan pengembangan dari General Blog. Jadi isi blog tidak melulu terbatas pada teks. Sudah banyak jasa penyediaan free photo blog yang dapat ditemukan di internet. 

3. Audio Blog 
Audio blog lebih dikenal dengan nama podcast. Blog ini berisi suara, tetapi bukan hanya terbatas pada musik, melainkan termasuk berita ataupun sekedar curhat. Orang yang memiliki audio blog ini disebut podcaster. Karena bersifat audio, maka pemakainya harus kreatif dalam memasukkan file ke audionya. 

4. Mobile Blog 
Disebut mobile blog, karena blog tidak hanya dapat dibuat melalui pc, tetapi dapat juga dibuat melalui media ponsel atau PDA. Di Indonesia, mobile blog perlahan - lahan mulai merambah ke para pengguna blog, tetapi kekurangan mobile blog adalah keterbatasan hanya pada ponsel atau PDA jenis tertentu yang bisa digunakan untuk meng-upload data - data kedalam blog. 

5. Video Blog 
Dengan harga terjangkau, sudah dapat diperoleh handycam, kamera digital bahkan ponsel yang sudah dilengkapi dengan fasilitas video. Sehingga memudahkan orang - orang untuk dapat membuat video sederhana, meskipun dengan durasi pemutaran yang singkat. Hal inilah yang menimbulkan ide kreatif untuk memunculkan blog jenis baru yaitu video blog. Vlog singkatan dari video blog sebenarnya sudah ada sejak tahun 2000, tetapi keberadaannya belum terlalu populer di Indonesia. Sudah ada beberapa situs yang menyediakan fasilitas vlog ini. 

Setelah Mengenal jenis-jenis blog di atas kita lanjutkan ke e-mail, pasti semuanya sudah mengenal atau sudah mempunyai e-mail. Pengenalan Tentang E-mail (Electronic Mail) Electronic mail (e-mail) merupakan salah satu layanan yang tersedia di internet. Layanan ini digunakan untuk saling korespondensi antar teman, relasi, lembaga dan lain sebagainya. Dengan E-mail data dikirim secara elektronik sehingga sampai di tujuan dengan sangat cepat, misalnya file-file berupa program, gambar, grafik dll, juga dapat mengirim ke lebih dari 
satu orang sekaligus pada saat bersamaan. 

Konsep E-mail adalah seperti kita mengirim surat dengan pos biasa, dimana kita mengirimkan ke kantor pos dengan dibubuhi alamat yang kita tuju. Dari Kantor Pos tersebut akan disampaikan ke Kantor Pos yang terdekat dengan alamat yang dituju dan akhirnya sampai ke alamat tersebut. Penerima hanya membuka kotak pos-nya saja yang ada didepan rumah.  

Alamat Email Alamat diperlukan dalam proses pengiriman email. Sistem pengalamatan pada email menggunakan format identitas dan domain yang digabung menggunakan karakter @ (at, dibaca et), misalnya caramembuatwebsite@uny.ac.id 

LANGKAH-LANGKAH PEMBUATAN BLOG

mendaftar di wordpress 
1. masuk ke id. wordpress. com. klik tombol daftarkan diri atau daftar saat ini 
2. pastikan serta masukkan username, password( 2 kali ) ( tulis password serta username supaya tidak lupa ). masukkan e mail, tentukan saya udah membaca serta setuju…. . , tentukan tambahkan saya situs (blog), klik tombol next 
3. jikalau pendaftaran disetujui serta tiada problem, maka bakal didapatkan konfirmasi di e mail. buka e mail untuk mengaktifkan akun, maka bakal beroleh alamat url berwujud kuswari. wordpress. com 
4. lalu bakal beroleh pemberitahuan bahwa username serta password udah aktif. 
5. jikalau dipilih view your site, maka bakal keluar 
6. situs (blog) sdah bisa dibuka oleh orang lain. sistem pendaftaran telah selesai. 

buat serta mengirim artikel di wordpress 
1. masuk ke id. wordpress. com 
2. masukkan username. masukkan password serta klik tombol login 
3. di bagian your blogs, tentukan website situs (blog) yang dudah dibikin pada mulanya. klik link tersebut 
4. lalu bakal nampak menu-menu situs (blog) ( di bagian atas ). untuk mulai isi klik pada menu catatan baru atau catatan, add new. 
5. isikan judul artikel serta catatan pada kolom add new post pada kolom untuk isi artikel ini bisa dikerjakan pengeditan layaknya pada rubahor biasa. untuk beri tambahan gambar atau poto, letakkan kursor di bagian yang bakal disisipi gambar. lantas tentukan menu media, add new atau klik ikon. tunggulah lebih dari satu selagi. sehabis nampak halaman uploader, tentukan tombol tentukan berkas untuk diunggah. jikalau link error, maka tentukan browser uploade 
6. tunggulah hingga sistem upload selesai. judul serta gambaran bisa diisi atau tidak. perataan serta ukuran bisa mengatur keperluan seterusnya klik tombol sisipkan ke catatan. 
7. saat ini gambar telah tertampil di rubahor. 
8. saksikan layar pada bagian kanan. untuk mempublikasikan catatan yang telah dibikin, klik tombol terbitkan. 
9. klik tombol pratampil untuk lihat penampilan pada halaman situs (blog).

DISTRIBUTOR GROSIR MAINAN ANAK MURAH
Cara Membuat Website Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.