memberikan informasi seputar komputer dan jaringan

Manfaat Internet

Manfaat Internet - ada banyak manfaat internet yang bisa kita dapatkan diantaranya : sebagai sumber informasi, internet sebagai media komunikasi, menjadi manfaat internet yg sangat banyak dimanfaatkan di mana tiap tiap pemakai internet bisa berkomunikasi dng pemakai yang lain dari semua dunia dst.

Sebelum kita mengetahui manfaat internet yang lainnya, alangkah baiknya kita tau dulu pengertian internet. Internet adalah salah satu media global yang mampu memberikan beragam hiburan dan informasi untuk kebutuhan manusia dalam memenuhi hasrat hidupnya seperti informasi, komunikasi, interaksi, Edukasi, hiburan, dll. Oleh karena itu memanfaatkan internet secara tepat dan sehat sangat di anjurkan demi menambah wawasan dan ilmu pengetahuan bagi setiap individu. 

Bila penggunaan internet cenderung ke arah yang negative tentu akan berdampak buruk bagi penggunanya, namun bila internet di manfaatkan ke arah yang positif pastilah akan memberikan efek yang positif pula untuk meningkatkan kecerdasan bagi penggunanya. Oleh sebab itu peran orang tua sangatlah penting, untuk membimbing putra putrinya dalam penggunaan internet secara tepat dan sehat ke arah positif dan bermanfaat agar memperoleh ilmu pengetahuan sesuai yang di harapkan.

PERAN ORANGTUA UNTUK PUTRA PUTRINYA

Selain bimbingan dan nasehat serta pengawasan yang cukup kepada putra putrinya dalam penggunaan internet. Orang tua sebaiknya perlu terus meningkatkan pengetahuan mengenai internet sehingga dapat memahami aktifitas putra putrinya dalam penggunaan internet yang sehat dan aman terhadap pengaruhnya. Ada Beberapa  hal-hal yang perlu  dilakukan orang tua untuk membantu anaknya menggunakan internet secara sehat dan aman :
  1. Sedapat mungkin letakkan computer di ruang tengah yang dapat terpantau.
  2. Internet juga dapat di akses menggunakan ponsel tertentu, maka usahakan dapat mengecek penggunaan internet melalui ponsel anak anda.
  3. Pasang dan aktifkan aplikasi pencegah konten yang tidak dikehendaki ( anti virus, anti malware, anti spyware, anti spam, anti adware, dll ) dicomputer.
  4. Pasang dan aktifkan aplikasi Parental Control di computer. Aplikasi ini dapat diunduh ( Download ) secara gratis dan dapat membatasi serta mengawasi penggunaan internet oleh anak anda.
  5. Buat aturan penggunaan internet untuk anak anda dan lakukan komunikasi berkelanjutan dengan baik. Jelaskan pada anak anda mengenai manfaat dan resiko internet.
  6. Pastikan mereka memperhatikan hal-hal berikut :
  7. Tidak memasang nama dan profil lengkap di internet.
  8. Tidak memasang sembarang foto dan video pribadi di internet.
  9. Berhati-hati mengekspresikan dan menyampaikan perasaan melalui internet.
  10. Selalu mengecek kebenaran informasi yang diterima melalui internet.
  11. Putuskan komunikasi dengan orang asing yang menunjukan i’tikad tidak baik.
  12. tidak melakukan pertemuan dengan orang yang hanya dikenal melalui internet tanpa di dampingi keluarga.

SECARA UMUM INTERNET DIMANFAATKAN OLEH REMAJA UNTUL HAL-HAL SBB :
  1. Memasang informasi profil mengenai dirinya, avatar (gambar yang mewakili dirinya) dan foto-foto pribadi dan kegiatannya. 
  2. Mengekspresikan perasaan atau pemikiran pribadinya dan menceritakan aktifitas melalui layanan blog, situs pertemanan, dll.
  3. Berinteraksi dengan orang lain, melalui layanan e-mail, chatting, instant messaging, forum online, situs pertemanan dan Voice over Internet Protocol (VolP)
  4. Bergabung dengan komunitas social online, biasanya berdasarkan kesamaan minat, aktifitas, domisili, dll.
  5. Bertemu dengan orang-orang baru dan mungkin berlanjut menjadi teman-teman baru. Membuat, mempublikasikan, dan berbagai konten dengan teman-teman komunitas, atau pengguna internet lainnya. Konten umumnya berupa dokumen, gambar, foto, video, aplikasi,, dll.
  6. Mengunduh musik video dari berbagai sumber baik yang legal maupun illegal.
  7. Mencari berita dan informasi menggunakan search engine, selanjutnya mengakses berbagai berita informasi tersebut dari berbagai situs.
  8. Bermain game secara online.
  9. Merespon kuis dengan berbagai teman yang kadang menawarkan hadiah tertentu.
  10. Mengakses berbagai iklan produk dan layanan.

risiko yg barangkali didapati remaja kala menggunakan internet :
mendapatkan serta membuka content illegal, layaknya perjudian serta porn*grafi. situs-situs yg diisi content illegal rata-rata menjerat pemakai memunculkan iklan yg tak dikehendaki ( pop-up trap ). alami pencurian identitas ( phising/pharming ) sebab berikan info pribadi terlampau terbuka. sesudah itu identitas yg dicuri tersebut bisa dipergunakan utk lakukan pencurian, penipuan, atau perbuatan illegal yang lain. 

alami kekerasan memakai media internet ( cyberbullying ) sebab berhubungan dng orang tak dikenal yg punya itikad jelek, layaknya, pelecehan melewati catatan, ancaman, tuduhan, etc. lebih kritis lagi bisa mengarah ke kekerasan fisik berwujud pelecehan seksual atau pemerasan. terima info palsu yg menyesatkan ( hoax ) yg beresiko jikalau diyakini rata-rata berikatan dng suatu hal product, perusahaan, tokoh, atau kepercayaan/agama. 

terima e mail sampah yg sering datang bertubi-tubi tanpa dikehendaki ( spam ). isi spam tersebut bermacam macam, dari tawarkan product /jasa sampai penipuan berkedok kerja sama usaha, dari tawaran multi-level marketing sampai penyebaran virus. 

lakukan pelanggaran hak cipta sebab menampilkan material melewati internet tanpa persetujuan pemiliknya. tersebut disini link internet sehat serta safe buat putra-putri anda : 
web site edukasi serta hiburan 

tasikhotel.com

pelayanan yg banyak dimanfaatkan dikala membuka internet : 

e-mail 
yakni surat elektronik yg dikirim serta di terima di computer atau selular melewati jaringan internet. 

instant messaging/chat 
yakni kesibukan perbincangan real time melewati internet berbasis tesk antar dua orang atau lebih ( saat ini telah berkembang ke pelayanan komunikasi audio video ). 

social networking 
yakni komunitas/jejaring social dengan cara online di mana antar jejaring bisa saling share content layaknya informasi personal, photo, video, musik serta bisa saling berikan komentar. 

blog 
yakni web site internet berisikan jurnal yg dibikin dan dipublikasikan oleh individu atau grup. 

file/ media sharing 
yakni kesibukan share file serta media antar pemakai melewati internet, layaknya dokumen, software, gambar musik, film, etc. insan internet sehat aman 

internet sehat safe ( insan ) 
yaitu program nasional yg dimotori oleh tim sosialisasi internet sehat ( tsis ) yg ditujukan utk mensosialisaikan pemakai internet dengan cara sehat serta safe ke bermacam kelompok umur jadi internet bisa berikan manfaat serta nilai makin lama buat penduduk. tim sosialisasi internet sehat diinisiasasi oleh kementrian komunikasi serta informatika republik indonesia dng melibatkan bermacam komponen penduduk serta terbuka utk partisipasi bermacam pihak yg punya kepedulian pada pemakaian internet yg sehat serta safe. gerakan utk menciptakan lingkungan internet yg sehat serta safe sendiri sudah di awali di jerman pada th. 1998 serta sekarang ini sudah jadi gerakan global, terutama di eropa. 

amat banyak manfaat serta manfaat internet buat kehidupan kita jikalau penggunanya memanfaatkannya utk keperluan yg positif juga, layaknya utk mecari info pendidikan atau informasi yang lain, sebagai tempat usaha, utk menjalin pertemanan yg positif, serta ada banyak lagi manfaat internet yg dapat di miliki. - manfaat serta manfaat internet 

tersebut dapat saya terangkan manfaat serta manfaat internet terhitung efek positif serta negatifnya. 

EFEK POSITIF  : 
1. internet sebagai media komunikasi, menjadi manfaat internet yg sangat banyak dimanfaatkan di mana tiap tiap pemakai internet bisa berkomunikasi dng pemakai yang lain dari semua dunia. 
2. media pertukaran data, gunakan e mail, newsgroup, ftp serta www ( world wide situs รข€“ jaringan situs-situs situs ) banyak pemakai internet di semua dunia bisa saling bertukar info dng cepat serta murah. 
3. media utk melacak info atau data, perubahan internet yg sangat cepat, jadikan www sebagai diantara sumber info yg perlu serta akurat. 
4. kemudahan mendapatkan info yg ada di internet jadi manusia tahu apa saja yg berlangsung. 
5. dapat dimanfaatkan sebagai area info utk bidang pendidikan, kebudayaan, dan sebagainya 
6. kemudahan bertransaksi serta melakukan bisnis didalam bidang perdagangan jadi tak usah pergi menuju ke area penawaran/penjualan. 

EFEK NEGATIF  

p*rn*grafi 
asumsi yg menjelaskan bahwa internet sama dng p*rn*grafi, memanglah tak salah. dengan kekuatan penyampaian info yg dimiliki

DISTRIBUTOR GROSIR MAINAN ANAK MURAH
Manfaat Internet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.