memberikan informasi seputar komputer dan jaringan

Komunikasi Komputer

Keuntungan yang diperoleh dengan terhubungnya komputer satu dengan lainnya dalam sebuah jaringan dengan menggunakan protokol TCP/IP, tidak hanya sebatas pemakaian/pemanfaatan piranti secara bersama-sama namun dapat juga digunakan untuk berkomunikasi antara satu client dengan client yang lain. Hal ini dapat terjadi oleh karena adanya pemanfaatan lapisan socket yang tersedia. Salah satu aplikasi pendukung pengiriman pesan (message) ini adalah winpopup. Dimana pada aplikasi ini pemakai (user) dapat mengirimkan pesan pada komputer yang dituju dengan terlebih dahulu mengisikan nama host yang diinginkan atau dapat juga dengan menuliskan IP Addressnya.

Pemakaian bersama (sharing) folder atau file dapat dilakukan antara satu komputer dengan komputer lain pada jaringan komputer. Efisiensi waktu dan tempat dapat diperoleh dengan adanya jaringan komputer ini. Disamping itu folder atau file yang tersimpan dapat dimanfaatkan oleh komputer lain. Model yang demikian ini disebut dengan data terdistribusi, artinya folder atau file tersebar diberbagai client. Disisi yang lain komputer-komputer yang bertindak sebagai client dapat pula memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan oleh server untuk dapat mengakses folder atau file yang telah disediakan. Dengan kata lain fasilitas yang ini disebut pemakaian folder atau file secara terpusat. Salah satu masalah adanya pemakaian folder atau file secara bersama-sama, baik terdistribusi atau terpusat pada suatu jaringan adalah keamanan folder atau file tersebut. Untuk menanggulangi masalah tersebut folder atau file yang disharing diproteksi keamanannya dengan menggunakan password. Masing-masing client maupun server dapat menset password melalui komputernya masing-masing. 

WORKSHOP
Komunikasi antar client
1.Buka windows explorer kemudian klik subdirektori windows. Setelah itu carilah aplikasi WinPopup. Jika telah ditemukan klik dua kali.
2.Setelah muncul dialog WinPopup kemudian klik gambar amplop atau menu Message dan sub menu send.
3.Klik radio button User or Computer dan isikan IP address atau nama host komputer yang akan saudara kirimkan. Setelah itu isikan beritanya pada menu Message. Jika telah selesai kemudian klik OK 
4.Lakukan beberapa kali untuk client yang berbeda.
Pemakaian direktori bersama antar client 
5.Buka windows explorer kemudian buat sebuah folder dengan nama Dirsama<namahost> (misal : DirsamaKomputer1).
6.Setelah itu klik folder tersebut satu kali kemudian klik kanan sehingga muncul pop up menu. 
7.Pada pop up menu klik sharing …
8.Setelah muncul dialog <nama folder> Properties, pada group Sharing klik radio button Shared As.
9.Pada bagian share name dapat saudara isikan nama defaultnya atau nama yang saudara inginkan.
10.Pada bagian Access type dapat saudara isikan read-only.
11.Dengan mengosongkan kolom Password kemudian klik tombol apply dan kemudian OK.
12.Isikan pada folder yang telah saudara sharing tersebut dengan sembarang file. 
13.Setelah itu coba teman saudara untuk mengakses file tersebut (misal dicopy atau dirubah isinya). Catat isi pesan yang terjadi.
14.Lakukan hal yang sama namun dengan mengisikan passwordnya. Kemudian catat peristiwa yang terjadi ketika teman saudara hendak mengaksesnya.
15.Ulangi langkah 10 sampai dengan 14 namun untuk Access Type Full dan Depends on Password.

DISTRIBUTOR GROSIR MAINAN ANAK MURAH
Komunikasi Komputer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Almarogi

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.