memberikan informasi seputar komputer dan jaringan

Sistem Operasi Windows 9X

Sistem Operasi Windows 9XMicrosoft Windows atau lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi komputer pribadi yang dikembangkan oleh Microsoft dengan menggunakan antarmuka pengguna berbasis grafik (graphical user interface). Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line menjadi sebuah sistem operasi berbasis grafik.. 

Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985 yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar. 

Windows 1.0 
merupakan perangkat lunak 16-bit tambahan (bukan merupakan sistem operasi) yang berjalan di atas MS-DOS (dan beberapa varian dari MS-DOS), sehingga ia tidak akan dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS. Demikian pula dengan Versi 2.x dan versi 3.x.. Beberapa versi terakhir dari Windows (dimulai dari versi 4.0 dan Windows NT 3.1) merupakan sistem operasi mandiri yang tidak lagi bergantung kepada sistem operasi MS-DOS. Microsoft Windows kemudian bisa berkembang dan dapat menguasai penggunaan sistem operasi hingga mencapai 90%. 

Windows 95 
Windows 95 adalah sistem operasi hibrida 16-bit/32-bit yang diproduksi oleh Microsoft. Windows 95 diperkenalkan ke publik pada tanggal 14 Agustus 1995, menyusul kampanye iklan yang agresif dari Microsoft. Windows 95 diperkenalkan dengan menggunakan rancangan menu "Start", menu inovatif untuk mengakses grup program (pengganti Program Manager), selain itu juga diperkenalkan Windows Explorer sebagai pengganti File Manager, dukungan plug-and-play, dukungan program aplikasi MS-DOS, Windows 16-bit, Windows 32-bit, dan dukungan bagi nama-nama file yang panjang, hingga mencapai 256 karakter, dan browser opsional Microsoft Internet Explorer. 

Fitur Windows 95 
Windows 95 memiliki fitur-fitur sebagai berikut: 
o Sebuah antarmuka grafis yang didesain ulang (sangat berbeda dengan versi Windows 3.x), yakni desktop 
yang dapat dikonfigurasikan, adanya taskbar, tombol Start, dan menu konteks.
o Kompatibilitas dengan perangkat keras yang lama, serta aplikasi MS-DOS 16-bit dan Windows 16-bit. 
o Arsitektur 32-bit untuk driver perangkat, yang disebut dengan Microsoft Virtual Device Driver (VxD). 
o Fungsi multitasking yang ditingkatkan. Windows 95 menggunakan skema preemptive multitasking, menggantikan skema cooperative multitasking yang sebelumnya digunakan oleh Windows 3.x. 
o Subsistem jaringan, subsistem disk, dan subsistem pencetakan yang berbasis 32-bit dan juga terintegrasi. 
o Dukungan jaringan terintegrasi yang cukup luas, mencakup Microsoft Networking (NetBEUI), TCP/IP, NetWare (IPX/SPX), Banyan Vines; Windows Messaging untuk berkirim e-mail; Dial-up Networking untuk koneksi Remote Access Services (RAS) dan koneksi Internet. 
o Dukungan terhadap nama file panjang. 
o Dukungan plug-and-play untuk mendeteksi instalasi perangkat keras dan konfigurasi terhadapnya secara otomatis. 
o Dukungan Advanced Power Management (APM) untuk manajemen daya. 
o Dukungan multimedia (audio/ video) terintegrasi. 
o Dukungan terhadap manajemen secara berpusat dari server, seperti halnya group policy, dan user profile. 

Windows 98 adalah sistem operasi Windows yang dikeluarkan Microsoft pada 25 Juni 1998. Windows 98 merupakan pengembangan dari Windows 95, dan kemudian diteruskan oleh Windows Me. Windows 98 adalah penerus dari Windows 95, dengan tambahan dukungan AGP, USB, Plug and Play yang lebih baik, sistem file FAT32 dan Internet Explorer versi 4.0. 

Windows 98 adalah upgrade dari Windows 95. Seperti yang dideskripsikan sebagai sistem operasi, “Works Better, Plays Better,” Windows 98 adalah versi windows pertama yang di desain secara spesifik untuk konsumen. Windows 98SE menambahkan dukungan pada Internet Explorer 5, NAT untuk berbagi koneksi Internet, Digital Versatile Disk (DVD), Windows Driver Model (WDM) yang menggantikan model Virtual Device Driver (VxD) serta Windows NetMeeting 3. 

Sistem ini menganut prinsip hibrida dengan dukungan kernel 16-bit/32-bit, dan masuk pada famili Windows 9x. 3.2.3. Windows Me Windows ME atau Windows Millennium Edition adalah sebuah versi Windows yang didesain khusus untuk pengguna rumahan, dan ditujukan untuk menggantikan pasar sistem operasi sebelumnya, Windows 98. Seperti versi Windows sebelumnya.

Windows ME merupakan sistem operasi transisi antara 16-bit ke 32-bit, sehingga semua program 16-bit dan 32-bit dapat didukung dengan baik. Windows ME memiliki tampilan antar muka grafis. Oleh Microsoft, Windows ME ini diluncurkan pada tanggal 14 September 

DISTRIBUTOR GROSIR MAINAN ANAK MURAH
Sistem Operasi Windows 9X Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sumarna Almarogi

1 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.