memberikan informasi seputar komputer dan jaringan

Manajemen Memori

Sistem operasi memiliki tugas untuk mengatur bagian memori yang sedang digunakan dan mengalokasikan jumlah dan alamat memori yang diperlukan, baik untuk program yang akan berjalan maupun untuk sistem operasi itu sendiri. Memori yang digunakan oleh sistem operasi dapat berupa memori utama dan juga virtual memori atau memori maya yang tersimpan pada media fisik seperti disk atau tape.

Memori utama atau lebih dikenal sebagai memori adalah sebuah array yang besar dalam satuan word atau byte yang ukurannya mencapai ratusan, ribuan, atau bahkan jutaan. Setiap word atau byte mempunyai alamat tersendiri. Memori utama berfungsi sebagai tempat penyimpanan instruksi/data yang akses datanya digunakan oleh CPU dan perangkat Masukan/Keluaran (Input dan Output).

Memori utama termasuk tempat penyimpanan data yang bersifat volatile (tidak permanen), yaitu data akan hilang kalau komputer dimatikan. Sistem komputer modern memiliki sistem hirarki memori, artinya memori yang ada di komputer disusun dengan tingkatan kecepatan dan kapasitas yang berbeda.

Memori yang memiliki kecepatan sama dengan kecepatan prosesor (disebut cache) memiliki kapasitas yang kecil, berkisar hanya dari ratusan KB hingga 4 MB dengan harga yang sangat mahal. Sedangkan memori utama yang kecepatannya jauh di bawah kecepatan prosesor (disebut primary memory) memiliki kapasitas yang lebih besar, berkisar dari 128 MB hingga 4 GB dengan harga yang jauh lebih murah. 

Sistem hirarki memori ini memiliki tujuan agar kinerja komputer yang maksimal bisa didapat dengan harga yang terjangkau.

Perangkat Manajemen Memori 
Terdapat beberapa perangkat yang dapat digunakan untuk mengatur dan mengoptimasi memori sistem DOS. Beberapa dari perangkat tersebut dan bagaimana mereka digunakan akan disebutkan pada bagian ini. EMM386.EXE Pengatur memori ini memetakan ungkinkan memori yang posisi alamatnya diatas jangkauan DOS (extended memory)   dapat digunakan oleh sistem operasi. 

Untuk menambah utiliti MS-DOS TSR ke blok memori bagian atas, dapat dimasukkan baris berikut ini pada CONFIG.SYS: Device=C:\Windows\Emm386.exe NOEMS Opsi NOEMS (No Expanded Memory) akan mengatakan kepada OS untuk tidak mengubah extended memory ke expanded memory. IO.SYS menambahkan statemen berikut ini ke konfigurasi memori untuk membuat UMB tersedia untuk MS-DOS TSR. 

DOS=UMB Untuk menambah aplikasi DOS yang membutuhkan EMS, masukan statemen berikut pada CONFIG.SYS:DEVICE =C:\Windows\EMM386 RAM Perangkat memori sistem termasuk MemMaker, mengatur agar DOS 6.0 menyederhanakan pekerjaan untuk menempatkan TSR ke upper memory

DISTRIBUTOR GROSIR MAINAN ANAK MURAH
Manajemen Memori Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sumarna Almarogi

2 comments:

  1. terimakasih atas informasinya

    ReplyDelete
  2. Ingin penjelasan yang lebih lengkap tentang sistem memori, silahkan kunjungi link ini : http://mycomputerarchitecture.blogspot.com/2014/10/memory-system.html

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.