memberikan informasi seputar komputer dan jaringan

Yang Harus Diketahui Tentang Perangkat Lunak Komputer

Perangkat lunak komputer atau software adalah istilah umum untuk berbagai jenis program yang digunakan dalam mengoperasikan komputer dan perangkat terkait. Sedangkan Hardware atau perangkat keras merupakan Istilah yang menggambarkan aspek fisik komputer dan perangkat terkait.

Software dapat dianggap sebagai bagian variabel dari sebuah komputer dan perangkat keras adalah bagian invariabel. Software atau perangkat lunak komputer itu sendiri sering dibagi menjadi aplikasi (program yang langsung terkait dengan pekerjaan seseorang) dan sistem (termasuk sistem operasi dan program yang mendukung setiap aplikasi perangkat lunak). 

Istilah middleware kadang-kadang digunakan untuk menggambarkan pemrograman yang menjadi penengah antara aplikasi dan sistem atau antara dua macam aplikasi (misalnya, mengirimkan permintaan kerja jarak jauh dari aplikasi di komputer dengan sistem operasi yang berbeda namun aplikasinya sama).



Software dapat dibeli atau diperoleh secara gratis dan sistem ini disebut sebagai yang biasanya ditujukan untuk dijual setelah masa percobaan. Di dunia perdagangan software sendiri, anda akan menemukan istilah liteware, yaitu shareware gratis dengan beberapa kemampuan yang dinonaktifkan. Sedangkan ada juga pembagian software gratis yang dinamakan freeware sebuah pembagian namun dengan pembatasan hak cipta. 

Juga, terdapat pembagian yang benar-benar cuma-cuma, dalam hal ini anda akan mendapatkan fitur premium namun gratis tanpa syarat apapun. Salah satu perangkat lunak yang memberikan fasilitas ini adalah IDM, sebuah perangkat yang digunakan utnuk mengunduh file dari internet baik berupa video, ataupun dokumen.

Dahulu perangkat lunak sering dikemas dalam CD-ROM dan disket. Sedangkan saat ini, perangkat lunak banyak dibeli, atau didapat dengan sistem shareware, dan freeware-download melalui Internet. Sebuah tren baru yang muncul sekarang adalah banyaknya situs yang dikenal sebagai penyedia layanan aplikasi baik gratis maupun berbayar.

Beberapa Jenis Umum Aplikasi Perangkat Lunak Komputer

  1. Perangkat lunak produktivitas, yang meliputi pengolah kata, spreadsheet, dan alat-alat untuk digunakan oleh kebanyakan pengguna komputer.
  2. Perangkat lunak presentasi
  3. Perangkat lunak untuk desainer grafis
  4. CAD / CAM software
  5. Aplikasi Khusus ilmiah
  6. Perangkat lunak khusus bagi sistem bisnis atau perdagangan (misalnya, untuk perbankan, asuransi, ritel, dan lingkungan manufaktur)

Itulah beberapa hal penting yang harus anda ketahui dari perangkat lunak komputer. Sekian penjelasan dari saya semoga bisa bertemu di lain waktu dan tempat yang sama. Terimakasih...!!!!  Semoga Bermanfaat

DISTRIBUTOR GROSIR MAINAN ANAK MURAH
Yang Harus Diketahui Tentang Perangkat Lunak Komputer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Almarogi

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.