memberikan informasi seputar komputer dan jaringan

10 tahun Kejayaan Facebook

Hari ini, Selasa, 4 Februari 2014, Facebook tepat berusia satu dasawarsa. Berawal dari sebuah kamar asrama di Universitas Harvard, Amerika Serikat, siapa sangka pencipta Facebook yang saat itu tengah patah hati, Mark Zuckerberg, kini menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

Keuntungan yang diraih Facebook bahkan disebut-sebut menandingi raksasa otomotif General Motors dan Ford Motor. Ada juga yang mengatakan total pemasukan Facebook nilainya setara gabungan kedua perusahaan itu.



Nilai saham Facebook saat ini naik 14,1 persen menjadi US$ 61,08 di New York. Pada kenaikan ini, menyusul hasil kuartalan, pendapatannya naik 63 persen menjadi US$ 2,59 miliar atau Rp 31,4 triliun. Bloomberg mencatat nilai pendapatan perusahaan itu US$ 2,35 miliar atau Rp 28,6 triliun pada kuartal yang sama.

Meski meraup pemasukan dengan jumlah fantastis, bukan jaminan bagi Facebook untuk selalu menjadi media sosial favorit. Facebook juga dihadapkan dengan kebutuhan privasi pengguna, iklan, dan beragam tuntutan inovasi.

"Selama bertahun-tahun, Anda bisa melihat bahwa kami fokus melakukan hal dengan skala yang besar dengan penuh ambisi," kata Zuckerberg lewat sebuah konferensi yang dilansir USA Today, Selasa, 4 Februari 2014.

Zuckerberg kini tengah berambisi untuk melakukan inovasi dibantu oleh rekan utamanya di perusahaan, Chief Operating Officer Sheryl Sandberg. "Kami adalah yang terbesar. Kami lebih banyak bergerak dibandingkan kompetitor kami, Twitter sekalipun," kata Sandberg beberapa waktu lalu kepada USA Today.

Untuk mencapai tujuannya, Zuckerberg banyak melakukan perubahan pada fitur foto, video, serta aplikasi di perangkat cerdas. Bahkan ia dan timnya rela mengakuisisi aplikasi foto Instagram pada tahun 2012. Tidak lupa, Facebook juga memacu bisnis mobile advertising untuk bersaing dengan Google yang agresif mengembangkan bisnis serupa.

Contoh kompetitor terkuat Facebook saat ini adalah penyedia layanan pesan instan, seperti LINE dan WeChat. Ini sejalan dengan tren penggunaan perangkat bergerak. Facebook pun habis-habisan menciptakan aplikasinya bagi pengguna sabak digital dan ponsel pintar.

"Untuk bisa bertahan, dalam satu dekade ke depan Facebook harus memenuhi kebutuhan di perangkat bergerak," ucap investor dari Lightspeed Venture Partners, Jeremy Liew. Dia memuji langkah Facebook mengakuisisi Instagram yang dinilai sebagai strategi pengembangan aplikasi perangkat bergerak.

Senada dengan Liew, analis Altimeter Group Rebecca Lieb mengatakan Facebook masih berjaya di antara bisnis media. Alasannya, hanya Facebook sebagai media dengan basis bukan penyiaran yang jumlah audiensnya menembus angka satu miliar di seluruh dunia.

Saat ini jumlah koneksi pertemanan (friend connections) Facebook mencapai 201,6 miliar dengan pengguna aktif per bulan 1,23 miliar. Adapun jumlah pengguna Facebook yang mengakses lewat perangkat bergerak per bulan sebanyak 945 juta.

Jumlah klik Like per hari mencapai 6 miliar. Jumlah foto yang dibagi per hari 400 miliar dengan jumlah pesan terkirim 7,8 triliun. Sedangkan pekerja Facebook di seluruh dunia mencapai 6.337 orang.

DISTRIBUTOR GROSIR MAINAN ANAK MURAH
10 tahun Kejayaan Facebook Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Almarogi

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.