memberikan informasi seputar komputer dan jaringan

Telkomsel dan Indosat Terancam Ditutup

Badan intelijen asing, National Security Agency (NSA) dan Australian Signals Directorate (ASD), dilaporkan melakukan penyadapan terhadap dua operator telekomunikasi Indonesia yaitu Indosat dan Telkomsel.

Menanggapi tudingan Snowden terhadap Indosat dan Telkomsel, Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Tifatul Sembiring mengatakan, jika terbukti membantu penyadapan, bisnis kedua operator tersebut terancam ditutup.

Namun demikian, kata politikus PKS itu, saat ini belum ada laporan keterlibatan Indosat dan Telkomsel dalam penyadapan. Pihaknya masih menunggu laporan dari Kementerian Luar Negeri selaku leading sector dalam kasus penyadapan oleh badan intelijen asing.

"Jika operator terbukti menyalahgunakan (menyadap), maka mereka (operator) bisa ditutup," ungkap Tifatul di sela-sela acara Seminar Sehari Internasional Penggunaan Media Digital di Kalangam Anak dan Remaja, di Jakarta, Selasa (18/2/2014).

Namun, Tifatul tak membantah bahwa aksi penyadapan bukan lagi berita baru. Sejumlah negara lain seperti China kerap dikabarkan melakukan penyadapan dan menjadi korban penyadapan.

Ini juga bukan kali pertama Australia terlibat isu penyadapan terhadap operator telekomunikasi Tanah Air. Pada November 2013, Tifatul menerbitkan instruksi kepada seluruh operator untuk melakukan investigasi terkait kasus penyadapan yang dilakukan Australia, salah satunya terhadap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Tetapi untuk kasus tersebut, kata Tifatul, tak ada keterlibatan operator telekomunikasi. "Kasus sebelumnya tidak ada keterlibatan. Dan untuk Indosat dan Telkomsel ini belum diketahui apakah ada kesengajaan membocorkan informasi atau tidak," sambungnya.

DISTRIBUTOR GROSIR MAINAN ANAK MURAH
Telkomsel dan Indosat Terancam Ditutup Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sumarna Almarogi

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.