memberikan informasi seputar komputer dan jaringan

Pengertian, Sejarah, Dan Fungsi Email

Pengertian, Sejarah, Dan Fungsi Email - Kali ini kita akan membahas tentang Pengertian, Sejarah, Dan Fungsi Email, masing-masing akan saya jelaskan secara singkat saja. Oke langsung saja kita ke TKP. Berikut Penjelasannya :

Sejarah Email

Sejarah Email (Surat elektronik ) sudah mulai dipakai di tahun 1960-an. Pada saat itu Internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan 'mainframe' yang terbentuk sebagai jaringan. Mulai tahun 1980-an, surat elektronik sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum. Sekarang ini banyak perusahaan pos di berbagai negara menurun penghasilannya disebabkan masyarakat sudah tidak memakai jasa pos lagi.

E-mail berasal dari kata electronic mail. E-mail atau surat elektronik adalah salah satu cara untuk mengrimkan pesan dalam format data elektronik dari satu komputer ke komputer lainnya. Pesan yang terdapat pada e-mail di buat dengan pengolahan kata yang menghasilkan suatu dokumen dan kemudian di kirim kan secara elektronik dengan menggunakan komputer. Komputer tersebut terhubung dengan komputer lainnya(misalnya dengan modem) dan data di kirimkan melalui jalur tersebut. E-mail merupakan alat komunikasi yang mudah, murah, dan cepat.


Pengertian email 

E-mail adalah surat melalui media elektronik.Sebenarnya email merupakan singkatan dari “Electronic mail”. Melalui email kita dapat mengirim surat elektronik baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar, yang dikirimkan dari satu alamat email ke alamat lain di jaringan internet. Apabila kita mengirim surat melalui email kita dapat memperoleh beberapa keuntungan.Antara lain, dengan menggunakan email surat (informasi) yang kita kirim ke alamat email lain akan secara langsung diterima, selain itu biaya yang kita keluarkan cukup murah. Sebuah alamat email biasanya memiliki format semacam username@host.domain. Saat ini ISP yang menyediakan layanan pembuatan email secara gratis adalah yahoo.com, google.com dan plasa.com.

Fungsi E-mail Sebagai Alat Komunikasi

  • Penggunaan e-mail memungkinkan data di kirim secara elektronik sehingga samapai di tujuan dengan sangat cepat. Kamu dapat mengirim file berupa program, gambar, grafik, dan file lainnya. kamu juga dapat mengirim e-mail ke beberapa orang sekaligus pada saat yang bersamaan.
  • E-mail juga dapat digunakan untuk mengirimkan surat atau ucapan selamat kepada keluarga di kampung halaman atau luar negeri. Dalam bidang bisnis, e-mail sudah digunakan untuk melakukan kesepakatan bisnis atau mengirimkan dokumen penting.
  • Surat elektronik dapat diamankan dengan melakukan teknik pengacakan (enkripsi). Salah satu program enkripsi yang populer adalah PGP (Pretty Good Privacy). Dengan memakai PGP maka isi akan dienkrip, dan hanya orang yang tertuju dapat mendekripsi dan membaca surat elektronik tersebut. Kerugiannya adalah membuat repot pihak pengirim dan penerima (karena keduanya harus memiliki program PGP, dan pengirim juga harus memiliki kunci umum penerima, dan melakukan enkripsi pesan dengan kunci tersebut).
Keamanan data di surat elektronik tidaklah terjamin dan selalu ada risiko terbuka untuk umum, dalam artian semua isinya dapat dibaca oleh orang lain. Hal ini disebabkan oleh karena surat elektronik itu akan melewati banyak server sebelum sampai di tujuan. Tidak tertutup kemungkinan ada orang yang menyadap surat elektronik yang dikirimkan tersebut.

DISTRIBUTOR GROSIR MAINAN ANAK MURAH
Pengertian, Sejarah, Dan Fungsi Email Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sumarna Almarogi

2 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.